Innalillahi... Menlu Suriah, Walid al-Moalem Tutup Usia

Innalillahi... Menlu Suriah, Walid al-Moalem Tutup Usia Kredit Foto: Reuters/Erik De Castro

Menteri Luar Negeri (Menlu), Walid al-Moalem tutup usia. Demikian dikutip kantor berita Qatar, Al Jazeera, kantor berita Inggris, Reuters dan TV pemerintah Suriah, Senin (16/11/2020) pagi waktu setempat.

Al-Moalem dikenal sebagai pembela setia Presiden Suriah, Bashar al-Assad dalam menumpas pengunjuk rasa damai, hingga berujung perang saudara selama 10 tahun hingga saat ini.

Baca Juga: Sebut RI Bisa Seperti Suriah dan Afghanistan, DS Ingatkan Jokowi: Jangan Diam Lihat Ormas...

Tidak ada penjelasan rinci tentang penyebab kematiannya. Namun pria berusia 79 tahun itu dilaporkan selama beberapa tahun mengalami kondisi kesehatan yang buruk akibat penyakit jantungnya.

Al-Moalem pertama kali diangkat sebagai Menlu pada 2006, di samping juga menjabat sebagai wakil perdana menteri.

Sejak meletusnya perang bersaudara, Suriah semakin condong ke Iran dan Rusia, karena telah membantu menopang kekuasaan Assad. Sekaligus memungkinkan Assad mendapatkan kembali sebagian besar wilayah Suriah yang pernah hilang dari para pasukan pemberotak.

Sejak 10 tahun lalu, Suriah mengalami perang saudara. Pemicunya, gara-gara Assad pada 2011 melakukan aksi penumpasan brutal terhadap pengunjuk rasa yang menyerukan diakhirinya pemerintahan keluarganya.

Al-Moalem menuduh Amerika dan Barat meningkatkan kerusuhan di negaranya. Dia juga menuding para pejuang bersenjata sebagai teroris. Perang saudara ini setidaknya telah menewaskan ratusan ribu jiwa dan menyebabkan jutaan warga Suriah mengungsi.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini