Ada Lampu Hijau Tarik Pulang Pasukan Luar Negeri dari Bos Pentagon Baru, Kenapa?

Ada Lampu Hijau Tarik Pulang Pasukan Luar Negeri dari Bos Pentagon Baru, Kenapa? Foto: US Air Force

Menteri Pertahanan baru Amerika Serikat (AS), Christopher Miller mengatakan, dia yakin semua perang harus diakhiri. Dia mengisyaratkan untuk menarik pulang pasukan AS, dengan mengatakan mereka harus segera kembali dari konflik di luar negeri.

Miller, kepala Pusat Kontra Terorisme Nasional, ditunjuk sebagai pelaksana tugas Menhan AS, menggantikan Mark Esper, yang dipecat pekan lalu. Pengumuman Miller menggantikan Esper disampaikan Presiden AS, Donald Trump melalui akun Twitternya.

Baca Juga: Manuver Tajam Donald Trump yang Rombak Para Petinggi Pentagon Terkuak

"Saat kami bersiap untuk masa depan, kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan perang yang dibawa Al Qaida kepada pada tahun 2001," kata Miller dalam pernyataan pertamanya sebagai bos baru Pentagon, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/11/2020).

"Perang ini belum berakhir. Kami hampir mengalahkan Al Qaeda dan rekan-rekannya, tetapi kami harus menghindari kesalahan strategis kami di masa lalu karena gagal melihat pertarungan hingga selesai," sambungnya.

Dia kemudian mengatakan bahwa sudah waktunya untuk pasukan AS kembali ke rumah, tetapi tidak memberikan rincian apapun.

"Kami menghadapi tantangan; kami mengerahkan segalanya. Sekarang, saatnya pulang," ujarnya. 

Selama masa kepresidenannya, Trump telah mendorong penarikan pasukan yang terlibat dalam konflik luar negeri secara drastis sebagai bagian dari janji kampanyenya pada pemilu 2016. Langkah Trump itu sendiri menghadapi perlawanan kuat dari kepemimpinan Pentagon.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini