Massa Habib Rizieq Kerap Langgar Prokes, Satgas Minta Anies Jalankan Aturan yang Dibuat Sendiri

Massa Habib Rizieq Kerap Langgar Prokes, Satgas Minta Anies Jalankan Aturan yang Dibuat Sendiri Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengamini bahwa lembaganya telah memberikan bantuan masker kain kepada Satuan Tugas yang mengelola acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

"Betul sekali, Satgas Penanganan COVID-19 Pusat memberikan bantuan masker kain dan juga masker medis kepada Satgas yang mengelola atau panitia Maulid Nabi serta panitia perayaan pernikahan putri Habib Rizieq," katanya dalam siaran TV Pool, Sabtu, 14 November 2020.

Baca Juga: Bikin Tepuk Jidat! Acara Habib Rizieq Banyak Abaikan Protokol Kesehatan

Doni menjelaskan, hal itu berkaca dari beberapa kegiatan yang di dalamnya ada Rizieq beberapa waktu belakangan. Misal, dalam kegiatan penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Menurut pemantauan, banyak simpatisan Rizieq tak mematuhi protokol kesehatan.

"Kenapa ini kami berikan? Setelah beberapa hari terakhir kami menyaksikan sejumlah aktivitas yang dihadiri oleh Habib Rizieq Shihab banyak sekali masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, tidak menjaga jarak, dan banyak yang tidak menggunakan masker, dan ini sangat kami sayangkan," katanya.

Baca Juga: Ngeri! Pemkot Mau Kasih Sanksi di Acara Habib Rizieq

Sebelum vaksin COVID-19 tersedia untuk masyarakat, pencegahan terbaik adalah patuh kepada protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan. Setiap pakar epidemiologi kesehatan masyarakat dan seluruh pimpinan selalu mengingatkan tentang keharusan patuh pada protokol kesehatan.

"Oleh karenanya, pemberian bantuan berupa masker dan juga hand sanitizer kepada panitia, bukan hanya untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan tersebut, tetapi juga bagian dari upaya untuk mengajak seluruh komponen yang ada di sekitarnya mau menggunakan masker.”

“Masker diberikan untuk dipakai dan kami juga sudah menghubungi Bapak Wakil Gubernur kemarin dan tadi siang Bapak Gubernur Anies untuk betul-betul bisa menerapkan perda sebagaimana yang telah tertuang dalam aturan yang telah dibuat oleh pemerintah DKI," katanya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini