PLN & Pertamina Inisiasi Bentuk Indonesia Energy and Electricity Institute

PLN & Pertamina Inisiasi Bentuk Indonesia Energy and Electricity Institute Kredit Foto: Pertamina

PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam hal penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan riset-riset ilmiah yang dapat memberikan perspektif dalam perumusan kebijakan pemerintah dan kedua perusahaan.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembentukan Indonesia Energy and Electricity Institute (IEEI). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati serta disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin. 

Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dengan adanya sinergi PLN dan Pertamina dalam hal penelitian dan pengembangan akan memberikan input dalam perumusan strategi bisnis ke depannya. Menurutnya, sesuai arahan Menteri BUMN, pembentukan IEEI ini merupakan bentuk sinergi BUMN di Indonesia dalam hal joint research yang pertama di Indonesia dalam sektor ketenagalistrikan dan energi.

 Baca Juga: Holding BUMN Pangan Dukung Penguatan Sektor Peternakan Nasional

"Dalam jangka panjang, IEEI diharapkan dapat menjadi national thought leader dan regional thought leader yang dapat menjadi basis dan rujukan riset-riset lainnya di sektor ketenagalistrikan dan energi," kata Budi dalam penandatanganan MoU pembentukan IEEI yang dilaksanakan secara daring ini, Jumat (13/11/2020).

Nicke Widyawati mengatakan, pembentukan IEEI dapat menghasilkan kajian berkualitas yang dapat memberikan perspektif terkait energi dan ketenagalistrikan kepada regulator terkait arah kebijakan energi di Indonesia.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan kajian yang komprehensif dari sudut pandang energi dan ketenagalistrikan dalam rangka mendukung arah kebijakan energi dan ketenagalistrikan di Indonesia maupun mendukung strategi internal perusahaan kedepannya," kata Nicke, Jumat (13/11/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini