Sukses Negosiasi GEP, Wamendag Apresiasi Kerja Sama Dagang dengan AS

Sukses Negosiasi GEP,  Wamendag Apresiasi Kerja Sama Dagang dengan AS Foto: Dok. Kemendag

Keberhasilan penyelesaian mekanisme review Generalized System of Preferences (GSP) menggembirakan pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perdagangan. Pasalnya dengan keberhasilan itu, peluang produk-produk Indonesia untuk menembus pasar AS semakin besar. Sebagai catatan, bahwa melalui mekanisme GSP, Indonesia menikmati keuntungan USD 2,2 M pada tahun 2018. Baca Juga: Teken MOU dengan Pemprov Jateng, Wamendag Jerry UMKM Punya Daya Saing Internasional

Wamendag Jerry Sambuaga yang diserahi tugas oleh Presiden Joko Widodo di bidang perjanjian perdagangan dan pengembangan ekspor termasuk yang paling berbahagia. Ia menyebut keberhasilan ini sebagai hasil bersama antar kementerian.

“Jajaran kami di Kementerian perdagangan sangat bekerja keras untuk hasil ini. Tetapi tentu saja peran kementerian lain seperti Kemenko Perekonomian, Kemenko Marinvest, Kemenlu, Kementan, Kemenperin, Kominfo dan lain-lain tidak bisa dilewatkan.” Kata Wamendag Jerry Sambuaga, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/11/2020).

Ketika ditanya mengenai mengapa penyelesaian GSP kali ini berjalan alot, Jerry menjawab alotnya perundingan karena ada beberapa isu krusial yang menjadi perhatian bersama yang menyangkut perlindungan data transaksi, dan aturan impor produk pertanian. Jerry mengatakan bahwa ia terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga untuk menyelesaikan isu-isu tersebut. Tujuannya agar tercapai kesamaan pemahaman di antara mereka.

“Pada prinsipnya kita semua menempatkan kepentingan nasional dan kepentingan rakyat sebagai inti dari perundingan mengenai GSP. Hanya ada sedikit kesamaan paradigma yang harus dibentuk. Artinya hanya pendekatannya saja yang berbeda, tetapi semangatnya sama. Syukur, kita bisa mencapai kesepakatan.” Kata Jerry.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini