Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkot Bandung Bangun Coworking Space

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkot Bandung Bangun Coworking Space Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pusat Zakat Umat berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Mal PT PLN (YBM PLN) dan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung membangun Rumah Cahaya Bangkit coworking space di Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung menjadi salah satu solusi menghadapi permasalahan umat yang masih berada dalam garis kemiskinan sebagai penggerakan perubahan sosial ekonomi dengan cara memberdayakan umat.  Baca Juga: Kembangkan Ekonomi Syariah Digital, GoPay & Lazismu Latih UMKM

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan tujuan pembangunan Coworking space (tempat pelatihan) ini untuk mendorong kemampuan dan meningkatkan kompetensi masyarakat sehingga bisa menghadapi dampak pandemi Covid-19. 

"Diharapkan Coworking space ini bisa menular ke kecamatan lainnya," katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (12/11/2020).

Yana menyebutkan di tempat tersebut akan diberikan pelatihan Barista kopi yang dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.  Baca Juga: Pertamina Targetkan 450 UMKM Naik Kelas Lewat UMKM Academy

Pemkot Bandung juga bukan sebatas memberikan pelatihan saja melainkan pendistribusian jika dari pelatihan tersebut menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. 

"Kalau di sini pelatihan Barista Kopi nanti kita salurkan dia bisa magang di tempat lain," ujarnya.

Pemkot Bandung sendiri sudah mengimbau beberpa perusahaan milih pemerintah (BUMN) maupun swasta untuk membantu 

"Kita sudah mengimbau beberpa perusahaan untuk ikut berkontribusi. Salah satunya saat ini dari Pusat Zakat Umat dan YBM PLN membuat Coworking space bagi masyarakat,"

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini