Apa Itu H1 Tag Optimization?

Apa Itu H1 Tag Optimization? Foto: Unsplash/ Scott Graham

Sebelum adanya situs web, materi cetak seperti buku, koran, dan majalah menggunakan header text untuk memisahkan atau memperkenalkan blok tulisan yang lebih panjang. Teks ini biasanya berukuran lebih besar, dengan menggunakan font yang berbeda, atau diberikan penekanan lebih untuk membedakan dirinya dari salinan lainnya. Misalnya, tajuk berita di surat kabar akan dianggap sebagai bagian dari header text.

Setelah halaman situs web diperkenalkan pada tahun 1990-an, tag header atau juga disebut tag heading diperkenalkan untuk melayani tujuan yang sama. Tag ini diwakili oleh huruf besar H yang diikuti dengan angka, dapat diubah agar tampil berbeda di setiap situs web. Oleh karena itu, tag header biasanya dibuat lebih besar, lebih tebal, dan lebih mudah dibaca, serta digunakan pada teks yang muncul sebelum blok salinan yang lebih panjang.

Baca Juga: Apa Itu Meta Description?

Salah satu tag tersebut adalah tag H1? Namun, apa itu tag H1? Apa manfaat serta pengaruhnya bagi SEO? Dan bagaimana cara dalam mengoptimalkannya sehingga bisa menunjang situs web Anda? Simak lebih dalam di artikel berikut ini.

Apa Itu H1 Tag?

Tag H1 merupakan tag terbesar dan terpenting di setiap halaman situs web. Tag ini dapat digunakan untuk memperkenalkan konten yang ada di halaman itu secara keseluruhan, yaitu untuk memberi nama topik yang ada atau untuk sekadar mencerminkan nama halaman itu sendiri.

Setiap situs web memilih untuk menggunakan tag H1 mereka dengan cara yang berbeda. Beberapa mungkin akan membuat tag yang sangat panjang, serta menuliskannya seperti kalimat lengkap. Situs lain mungkin akan membatasinya menjadi satu atau dua kata yang sangat sederhana sehingga sesuai dengan judul halaman yang sebenarnya. Oleh karena itu, menggunakan tag h1 sebagai cara untuk memasukkan kata kunci yang paling relevan dengan konten halaman sehingga memberikan manfaat bagi SEO.

Misalnya, jika Anda menulis halaman seputar perlengkapan sepeda motor, akan lebih masuk akal jika tag H1 halaman tersebut ditulis menjadi sesuatu seperti "Perlengkapan Sepeda Motor" atau "Tempat Membeli Perlengkapan Sepeda Motor". Dengan menggunakan kata kunci di tempat yang tepat, tag SEO H1 adalah sumber daya yang bernilai untuk digunakan di situs web mana pun yang mencoba mengungguli persaingan bisnis.

Namun, Anda hanya boleh menggunakan kata kunci yang benar-benar berkaitan dengan apa yang ada di halaman tersebut.

Manfaat Menggunakan H1 Tag

Terlepas dari kenyataan bahwa Google tampaknya dapat mengetahui sebagian besar judul dengan satu atau lain cara, ada beberapa alasan untuk tetap menggunakan H1 sebagai praktik terbaik SEO.

1. Tag H1 membantu aksesibilitas

Teknologi screen reading dapat menggunakan tag H1 untuk membantu pengguna menavigasi konten Anda, baik dalam bentuk tampilan situs yang baik maupun kemampuan untuk mencari informasi yang ada.

2. Google dapat menggunakan tag H1 sebagai pengganti tag judul

Dalam beberapa kasus, Google tidak dapat menemukan atau memproses tag judul Anda sehingga mereka mungkin akan memilih untuk mengekstrak judul dari beberapa elemen lain di halaman Anda.

3. Memiliki korelasi dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi

Hampir setiap studi korelasi SEO yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara peringkat yang lebih tinggi dengan penggunaan heading pada halaman situs.

Untuk lebih jelasnya, tidak ada bukti bahwa heading merupakan faktor dalam menentukan peringkat pencarian Google. Namun, seperti structured data, heading dapat memberikan konteks dan makna yang tepat ke halaman situs.

Terlepas dari itu, Anda mungkin harus:

• Mengatur konten Anda dengan judul terstruktur - idealnya adalah H1, H2s, H3s, dll.

• Gunakan judul menggunakan font yang besar di bagian atas konten Anda. Dengan kata lain, permudah Google, pembaca layar, dan mesin lain atau pengguna yang membaca konten Anda untuk mengetahui judulnya dengan baik.

• Jika Anda memiliki CMS atau batasan teknis yang mencegah Anda menggunakan tag H1 yang ketat dan praktik terbaik SEO lainnya, lakukan semua upaya terbaik Anda dan jangan terlalu memusingkan hal-hal yang sepele.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini