Kisah Perusahaan Raksasa: Puluhan Bisnis Asuransi Tumbuh Besar di Bawah Anthem

Kisah Perusahaan Raksasa: Puluhan Bisnis Asuransi Tumbuh Besar di Bawah Anthem Kredit Foto: Reuters/Gus Ruelas

Anthem Incorporated adalah perusahaan layanan asuransi kesehatan yang berupaya menyediakan perawatan kesehatan melalui Blue Cross Blue Shield Association dan beberapa anak perusahaan lainnya. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini menyediakan berbagai PPO, HMO, dan produk hibrida dan khusus, serta produk kesehatan gigi berbasis jaringan dan layanan perencanaan kesehatan. 

Sebagai salah satu raksasa asuransi papan atas dunia, Anthem pada 2018 telah memiliki sekitar 40 juta anggota. Perusahaan juga masuk dalam daftar perusahaan terkaya dunia Fortune Global 500.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Mulanya Koperasi Tani, Credit Agricole Tumbuh Jadi Bank Papan Atas Dunia

Dalam tiga tahun terakhir, performa Anthem relatif ciamik. Kekuatan finansialnya di tahun 2018 relatif meningkat dari tahun sebelumnya. Pendapatan tahunan dan laba bersih perusahaan mencapai 90,03 miliar dan 3,84 miliar dolar AS, dengan peningkatan masing-masing 6,1 persen dan 55,6 persen. 

Tahun berikutnya, pendapatan Anthem meningkat 2,3 persen menjadi 92,10 miliar dolar per tahun. Sayangnya keuntungan perusahaan ini turun 2,4 persen menjadi 3,75 miliar dolar. Dengan begitu, posisinya dalam Global 500 turun ke nomor 79 dari yang sebelumnya di peringkat 70.

Sementara untuk 2020, nasib baik menghampiri Anthem. Diketahui pada tahun ini kekuatan finansial perusahaan membaik, dengan mengalami peningkatan di dua ukuran penting. Pendapatan per tahunnya naik 13,1 persen menjadi 104,21 miliar dolar, sedangkan laba bersihnya menanjak 28,2 persen menjadi 4,80 miliar dolar. 

Menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia artinya Anthem memiliki kisah yang cukup menarik untuk diperhatikan. Dari lahir, tumbuh, dan kembangnya akan diulas Warta Ekonomi, Jumat (13/11/2020), dalam artikel sebagai berikut.

Dahulu di masa awal-awalnya, Anthem bukanlah dirinya yang sekarang, melainkan bernama Mutual Hospital Insurance Inc dan Mutual Medical Insurance Inc. Perjalanan mereka berdua dimulai pada 1946.

Kedua perusahaan tersebut tumbuh secara signifikan. Mereka mengendalikan 80 persen pasar asuransi kesehatan di Indiana, AS pada tahun 1970-an.

Melihat pasar yang cukup cerah di antara mereka, pada awal 1970-an ini keduanya memulai perjalanan yang baru. Pada 1972, kedua perusahaan yang saat itu dikenal sebagai Blue Cross of Indiana dan Blue Shield of Indiana menandatangani perjanjian operasi bersama. 

Proses penggabungan dua raksasa itu memakan waktu cukup lama. Kata sepakat baru terucap pada 1985. Dari sini lahirlah satu perusahaan gabungan baru bernama Associated Insurance Companies, yang tenar dengan nama The Associated Group. Statusnya saat itu adalah sebuah perusahaan induk.

Perusahaan yang baru seumur jagung itu terus tumbuh. Di akhir tahun 1980-an atau tepatnya pada 1989, perusahaan tersebut membeli American General Insurance seharga 150 juta dolar AS. Dua tahun kemudian, ia mengakuisisi The Sheby Insurance yang berbasis di Shelby, Ohio. Angka kesepakatan pada saat itu senilai 125 juta dolar.

Sebelum akuisisi besar itu, The Associated Group mendirikan Acordia. Ini adalah sebuah perusahaan pialang yang menjual dan melayani program asuransi dan tunjangan karyawan. 

Acordia dengan cepat memainkan perannya. Ia pada 1993 mengakuisisi American Business Insurance seharga 130 juta dolar dan Federal Kemper Insurance seharga 100 juta dolar. Raksasa asurasi itu kemudian membeli Southeastern Mutual Insurance, operator Blue Cross dan Blue Shield of Kentucky. 

Melihat peluang yang ada, pada 1994 perusahaan itu menjual Raffensperger, Hugher & Co, bank terbesar di Indiana, kepada National City Corporation. Pada tahun 1995, The Associated Group mengakuisisi Community Mutual Insurance, penyedia paket asuransi Blue Cross dan Blue Shield di Ohio dengan lebih dari 1,9 juta pemegang polis), kemudian mendirikan Anthem Blue Cross dan Blue Shield.

Langkah penting terjadi di tahun 1996. Pada tahun ini The Associated Group mengubah namanya menjadi Anthem Insurance Company.

Pada bulan Agustus 1997, Anthem mengakuisisi Blue Cross dan Blue Shield of Connecticut. Ia juga menjual Acordia kepada manajemen.

Pada tahun 1999, Anthem mengakuisisi Blue Cross dan Blue Shield di New Hampshire dan Blue Cross dan Blue Shield of Colorado dan Nevada. Akuisisi yang dilakukan sejak tahun 1996 menambah 850.000 pemegang polis. Di antara basis pelanggannya adalah 2,4 juta PPO dan 964.000 pendaftar HMO.

Pada tahun 2000, Anthem mengakuisisi Blue Cross Blue Shield of Maine. Tahun 2001, Pada bulan Oktober, Anthem mengalami demutualisasi dan menjadi perusahaan publik melalui penawaran umum perdana, yang menjadikannya perusahaan perawatan kesehatan yang dikelola publik terbesar ke-4 di Amerika Serikat.

Pada tahun 2002, Anthem mengakuisisi Trigon Healthcare of Virginia, gabungan Blue Cross dan Blue Shield, perusahaan asuransi terbesar di Virginia, senilai 4,04 miliar dolar. Perusahaan Asuransi Anthem mencapai 11,9 juta anggota.

November 2004, Wellpoint Inc dibentuk dari merger Anthem Insurance Company dan WellPoint Health Networks Inc. WellPoint terus menggunakan nama Anthem sebagai merek nama yang dioperasikannya. Ia menjual produk Blue Cross dan Blue Shield di 11 negara bagian. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini