Kasih Utang Indonesia AUD1,5 Miliar, Ini Alasan Australia

Kasih Utang Indonesia AUD1,5 Miliar, Ini Alasan Australia Foto: Unsplash/Sharon McCutcheon

Pemerintah Australia memastikan telah memberikan pinjaman sebesar AUD1,5 miliar atau sekitar Rp15,37 triliun (kurs Rp10.320) kepada Indonesia. Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia dari pandemi sangat penting bagi stabilitas dan keamanan kawasan.

"Karena krisis ini sebagai mitra dan berkomitmen untuk distribusi yang adil dari setiap vaksin yang berhasil," kata Josh dalam video virtual, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga: Tangani Covid-19, Indonesia Ngutang AUD1,5 Miliar dari Australia

Menurutnya, pinjaman mencerminkan waktu yang luar biasa dan sebagai pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia. "Covid-19 merupakan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Indo-Pasifik dan dunia," bebernya.

Dia menambahkan, pemberian pinjaman Pemerintah Australia kepada Indonesia mencerminkan kolaborasi bersama dan sebagai sebuah pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia yang memungkinkan pemerintah menanggapi krisis kesehatan Covid-19.

"Pemerintah kami akan terus terlibat dan berbagi pengalaman saat kami bergerak menuju pemulihan ekonomi," jelasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini