Dukungan Gapki Kalbar untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Perkebunan Sawit

Dukungan Gapki Kalbar untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Perkebunan Sawit Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra

Kehadiran perkebunan kelapa sawit sering kali dituding merugikan dan tidak memperhatikan kehidupan masyarakat di pedesaan. Padahal, adanya perkebunan kelapa sawit justru mampu menarik berbagai aspek sehingga sektor perekonomian pedesaan menjadi makin maju dan berkembang.

Tidak hanya perekonomian, perbaikan infrastruktur di sekitar perkebunan kelapa sawit juga akan terjadi yang turut memberikan kemudahan akses mobilisasi bagi masyarakat di sekitar perkebunan sawit yang bersangkutan. Gapki Kalimantan Barat (Kalbar) mendukung pemerintah provinsi dalam percepatan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur khususnya jalan provinsi di daerah yang melibatkan perusahaan kelapa sawit.

Baca Juga: Harga TBS Sawit di Pulau Sumatera, Makin Mengudara

Ketua Gapki Kalbar, Purwati Munawir, mengatakan, "Pada prinsipnya, kami sangat dan akan mendukung penuh kolaborasi percepatan pembangunan infrastruktur melalui peningkatan dan pemeliharaan jalan provinsi di daerah dalam rangka bersama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalbar melalui percepatan pembangunan infrastruktur."

Lebih lanjut Purwati menjelaskan, kolaborasi perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi baik antardinas terkait dan perusahaan yang terlibat saat ini dalam tahap proses dan segera direalisasikan di lapangan.

"Sebelumnya, Gapki juga bersama Bupati Ketapang sudah melaksanakan kolaborasi perbaikan jalan status jalan provinsi. Perbaikan jalan yang rusak menjadi prioritas pekerjaan atau perbaikan jalan. Jalan yang diperbaiki di Kabupaten Ketapang, yakni ruas Jalan Beriam–Suka Ramai. Saat ini dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dan skala perbaikan se-Kalbar juga," jelasnya.

Kepala Dinas Perkebuan Kalbar, Heronimus Hero, mengatakan, "Kolaborasi yang didukung perusahaan sawit tersebut untuk mendukung percepatan infrastruktur yang lebih baik untuk masyarakat. Dengan kolaborasi yang ada selain juga termasuk juga optimalisasi CSR yang lebih terarah pada indeks desa membangun di desa-desa sekitar perkebunan, tujuan akhir tidak lain adalah agar masyarakat sejahtera, perusahaan maju, dan pemerintah berdaya."

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini