Holding Perkebunan Nusantara Tingkatkan Kinerja Melalui Inisiatif Strategis & Program Prioritas

Holding Perkebunan Nusantara Tingkatkan Kinerja Melalui Inisiatif Strategis & Program Prioritas Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sejak akhir 2019, terus melakukan transformasi perusahaan melalui 18 program strategis dan enam program prioritas quick wins guna mengoptimalkan kinerja dan efektivitas perusahaan untuk menghadapi tantangan di berbagai aspek termasuk pengelolaan portofolio, operasional, komersial, investasi dan pendanaan, model operasi, merit system, budaya, dan kapabilitas. 

Corporate Secretary Holding PTPN III (Persero), Imelda Alini Pohan mengatakan, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berkomitmen untuk melakukan program transformasi dan standardisasi kinerja seluruh anak perusahaan dengan tujuan utama untuk memperbaiki tata kelola dalam rangka menyehatkan kondisi operasional dan keuangan perusahaan sehingga setara dengan best practice.

"PTPN dapat menjalankan perannya sebagai penjaga Food & Energy Security berbasis komoditas perkebunan di Indonesia secara efektif dalam upaya meningkatkan kemandirian pangan. Inilah peran yang akan terus kami emban sebagai BUMN," kata Imelda dalam keterangan pers, Kamis, (12/11/2020).

Baca Juga: Raih Sertifikasi Internasional Sawit, CEO PTPN V: Ini Kado Indah di Akhir Tahun

Transformasi yang dilakukan sejak 2019 telah mulai menunjukkan pencapaian, di antaranya dalam hal peningkatan kinerja tahun 2020 dari operasional maupun keuangan dibandingkan dengan 2019, di mana terjadi kenaikan produksi komoditas utama, yaitu CPO naik sebesar 1,74 %, produksi karet naik sebesar 6,94 %, produksi teh naik sebesar 10,38 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Dari sisi keuangan, jumlah utang mengalami penurunan sebesar 0,36 %, dan adanya peningkatan penjualan sebesar 0,48% dibandingkan dengan periode yang sama 2019.

PTPN Group juga memeroleh pencapaian lainnya di antaranya ikut berperan dalam pembangunan perekonomian Indonesia melalui kontribusinya dalam pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang, melakukan inovasi dalam bisnis perkebunan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas serta meningkatkan nilai tambah sehingga dapat memacu peningkatan daya saing melalui beberapa inisiatif digital, yaitu implementasi ERP SAP HANA secara terintegrasi dengan mengembangkan tujuh dashboard untuk pengambilan keputusan.

Dalam bidang pemasaran, dengan sentralisasi fungsi pemasaran PTPN Group dapat mengoptimalkan harga penjualan di 2020. PTPN group di 2020 juga berhasil menjual komoditas utama dengan harga rata-rata mengalami kenaikan dibanding harga jual rata rata tahun 2019. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini