5 Bank Digital di Indonesia, Bukan Cuma Jenius Kok!

5 Bank Digital di Indonesia, Bukan Cuma Jenius Kok! Foto: Unsplash/Rawpixel

Bank digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk mendapat layanan perbankan lewat ponsel pintar; sehingga tak perlu selalu pergi ke ATM ataupun kantor cabang.

Selain karena faktor kemudahan, bank digital juga menjadi pilihan karena biaya administrasi yang terbilang lebih sedikit daripada bank konvensional.

Nah, di Indonesia sendiri sudah ada sejumlah bank yang menawarkan layanan perbankan digital. Siapa saja dan apa nama aplikasinya?

Baca Juga: Habis Yuan Digital, China Mau Buat Inovasi Keuangan Digital Lagi, Ini Dia!

Baca Juga: Jenius Umumkan Biaya Langganan Tahun Depan, Warganet: Gak Masalah, Asalkan ....

5 Layanan Bank Digital di Indonesia

1. Digibank (Bank DBS)

Mengudara sejak 2016, Digibank by DBS merupakan salah satu pionir layanan perbankan digital di Indonesia--bersama dengan Jenius.

Beberapa keuntungan dari Digibank by DBS ialah: (1) tak ada biaya admin bulanan; (2) gratis transfer antarbank asal saldo berjumlah minimal Rp1 juta; (3) bunga 3%; (4) ada bunga 5% untuk deposito; (5) dapat Anda pakai untuk verifikasi PayPal.

2. PermataME (Bank Permata)

Nah, kalau yang satu ini merupakan aplikasi dari Bank Permata. Pemerekan (branding) PermataME tak jauh dari kata 'bank generasi muda'. Jika Anda membuka rekening daring PermataME, maka nomornya akan langsung berfungsi.

Lebih lanjut, menurut informasi yang WE kumpulkan, PermataME juga bebas dari biaya admin bulanan, serta tidak ada jumlah minimal untuk saldo mengendap.

3. D-Save (Bank Danamon)

D-Save bukanlah 'bank digital' yang murni. Akan tetapi, pembukaan rekeningnya semudah bank digital lain. Sudah begitu, tidak ada biaya admin. Yang paling penting, D-Save memungkinkan Anda membuka rekening tambahan hingga 20 buah.

4. TMRW (Bank UOB)

Yang satu ini baru saja meluncur pada Januari 2020 seabgai anak usaha dari Bank UOB Indonesia. Per Maret 2020, unduhan TMRW sudah berjumlah lebih dari 50 ribu. Sementara, per hari ini, jumlah unduhannya sudah melampaui angka 100 ribu.

TMRW menawarkan fitur unggulan bernama City of Tomorrow, terbalut dalam bentuk gamifikasi. Karena itu, sistem menabung pengguna memiliki target tersendiri; serupa dengan level dalam gim. Lebih lanjut, bunganya mencapai 4%.

5. Jenius (BTPN)

Yang terakhir ini menjadi pembicaraan hangat di media sosial Twitter sejak Kamis (12/11/2020) pagi, karena mengenalkan biaya langganan bulanan kepada para pengguna.

Jenius awalnya mengunggulkan transfer antarbank tanpa biaya, serta fitur Flexy Saver dan Dream Saver (tabungan dengan bunga serupa deposito). Ada pula fitur $cashtag yang menggantikan nomor rekening, salah satu gebrakan di dunia perbankan Indonesia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini