Waspada, Ibu Hamil Lebih Rentan Terkena Covid-19

Waspada, Ibu Hamil Lebih Rentan Terkena Covid-19 Foto: Sufri Yuliardi

Dokter kandungan, dr Primadella Fegita, Sp. OG mengemukakan ibu hamil lebih rentan terkena COVID-19 karena imunitasnya menurun.

"Seorang wanita ketika tengah hamil, akan lebih rentan terkena COVID-19 karena imunitasnya menurun selama hamil. Ini yang mengakibatkan imunitas menjadi lemah," ujarnya di Padang, Kamis.

Baca Juga: 3M Tak Cukup Cegah Covid-19, Perlu Ditambah VDJ, Apa Itu?

Menurutnya, selain sistem imun yang menurun, saat hamil jika terserang virus membuat kondisi menjadi lebih berat.

"Oleh sebab itu imunitas tubuh harus benar-benar diperhatikan oleh wanita yang tengah mengandung," ucapnya.

Ia menyampaikan lemahnya sistem imun pada tubuh ibu hamil disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan pada sistem tubuh, pertumbuhan embrio dalam rahim hingga kekuatan tubuh yang harus menghidupi satu nyawa dalam tubuh ibu, yakni bayi.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan agar tidak rentan terkena penyakit. Akan tetapi, lanjutnya, ibu hamil tak perlu terlalu takut dengan COVID-19 asal memperhatikan beberapa hal agar tidak terkena penularan virus tersebut.

"Kuncinya jangan cemas berlebihan, untuk menjaga diri agar tidak terkena COVID-19 dapat keluar rumah sesuai kebutuhan saja, seperti kontrol kehamilan minimal 4 kali selama kehamilan, 1 kali pada trimester pertama, 1 kali trimester kedua dan 2 kali pada trimester ketiga," katanya.

Baca Juga: ADB Tambahkan Pinjaman US$14 Juta ke Mikronesia untuk Covid-19

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini