Permision.io Ungkap Pentingnya Blockchain bagi E-Commerce

Permision.io Ungkap Pentingnya Blockchain bagi E-Commerce Kredit Foto: Pixabay

Coinvestasi dan Permission.io sukses melaksanakan acara Blockchain & E-Commerce the next Indonesian E-Conomy. Acara ini berlangsung Kamis (5/11/2020) di Youtube Coinvestasi dengan pembicara Charles Silver CEO Permission.io, Aries Yuangga penggiat crypto dan Peter Tendean CEO GIC Trade dan salah satu bahasan yang menjadi perhatian di acara ini adalah pentingnya blockchain bagi dunia e-commerce. Baca Juga: Teknologi Blockchain Diyakini Ampuh Perangi Korupsi

Masalah transparansi dan penggunaan data kerap kali menjadi masalah bagi dunia e-commerce saat ini. Transparasi dan penyalahgunaan data di e-commerce ini sebetulnya bisa diatasi jika e-commerce menggunakan blockchain. Sebab, sebagai teknologi terdesentralisasi semua data akan bersifat transparan, pengguna bisa memantau bagaimana sebuah barang didistribusikan dan para pengiklan  bisa terkoneksi langsung dengan  calon  pembeli  tanpa harus membeli data dari  pihak  ketiga  yang akan meminimalisir pencurian data. Baca Juga: Kebermanfaatan Blockchain Berbasis Smart Contract di Industri Sawit

Salah satu e-commerce yang sudah mengolaborasikan e-commerce dan blockchain adalah Permission.io. Charles Silver CEO Permission.io mengungkapkan, blockchain dan crypto memiliki dampak besar bagi e-commerce.  

“Ini memudahkan proses, mengurangi dana, menghilangkan pihak  ketiga, bisa digunakan  secara global, semua proses bisa dilacak,” jelas Charles. 

Menurutnya, isu mengenai kepercayaan dan transparansi bisa diselesaikan menggunakan blockchain. Ia menggunakan contoh penipuan yang sering terjadi di e-commerce, semisal pengguna yang ingin membeli barang original namun setelah sampai di rumah itu adalah barang palsu.

“Dengan blockchain yang ada di e-commerce hal ini bisa diatasi, karena pengguna bisa melihat bagaimana barang mereka diproduksi dan didistribusi,” katanya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini