Jadikan Situ Bagendit Destinasi Wisata Dunia, Pemerintah Kucurkan Rp81 Miliar

Jadikan Situ Bagendit Destinasi Wisata Dunia, Pemerintah Kucurkan Rp81 Miliar Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah akan menjadikan Situ Bagendit di Kabupaten Garut Jawa Barat sebagai destinasi internasional. Masterplan penataan kawasan wisata Situ Bagendit dengan nilai kontrak kurang lebih Rp81,1 miliar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan penataan diawali usulannya kepada Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Situ Bagendit di 2019. Ia mengusulkan agar objek wisata kebanggaan warga Garut itu bisa dipercantik menjadi wisata kelas dunia. 

Baca Juga: Kesaksian Ridwan Kamil Usai Divaksin Corona, Apa Efek Sampingnya?

Penataan kawasan wisata Situ Bagendit merupakan komitmen bersama antara pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, dan Pemda Kabupaten Garut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ogah Kasih Garansi Vaksin Datang Corona Hilang

"Saya, Presiden, Menteri PUPR, dan Bupati Garut berdiskusi dan hasilnya adalah penataan ulang yang dikelola oleh Ditjen Cipta Karya," kata Emil kepada wartawan usai groundbreaking ceremony penataan kawasan wisata Situ Bagendit  di Kabupaten Garut, Selasa sore (11/11/20/20). 

"Groundbreaking penataan kawasan wisata Situ Bagendit ini mengawali sebuah proses konstruksi yang akan menjadi semangat pemulihan ekonomi Jabar, khususnya Garut," tambahnya.

Rencananya di kawasan wisata tersebut terdiri dari 3 gate yang merupakan akses masuk bagi pengunjung dan 6 zona meliputi beberapa fungsi, yaitu wisata publik (Zona 1), area kuliner (Zona 2), area green school (Zona 3), area komersil (Zona 4), area water sport (Zona 5), serta area masjid dan konservasi (Zona 6). 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini