Apa Itu Meta Description?

Apa Itu Meta Description? Kredit Foto: Unsplash/Austin Distel

Meta description (atau terkadang disebut sebagai meta tag) adalah elemen HTML yang mendeskripsikan dan merangkum konten halaman Anda untuk kepentingan pengguna dan mesin pencarian seperti Google. Meskipun penggunaan meta data sudah bukan menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat SEO, meta description masih memainkan peran penting dalam menjalankan strategi on-page SEO.

Untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya bagi Anda untuk mendalami artikel ini yang membahas mengenai apa itu deskripsi meta? Bagaimana cara menulisnya? Dan mengapa penggunaan deskripsi meta begitu penting bagi on-page SEO?

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO

Apa Itu Meta Description?

Meta description atau deskripsi meta adalah sebuah atribut dalam meta tag Anda yang membantu mendeskripsikan halaman situs Anda. Cuplikan teks ini dapat muncul di hasil pencarian di bagian bawah judul laman Anda.

Anda dapat menemukan deskripsi meta di halaman web mana pun dengan mengklik kanan halaman dan memilih "view source" atau "view page source".

Setelah melihat kode halaman, Anda dapat melihat tag deskripsi meta, yang mungkin terlihat seperti ini:

<meta name = "description" content = "Deskripsi meta dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada kampanye pemasaran penelusuran Anda; cari tahu caranya ..." />

<meta name = "keywords" content = "meta description, google meta description, meta name description" />

<meta name = "robots" content = "index, follow" />

Informasi ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah berfungsi sebagai cuplikan teks di halaman pencarian saat pengguna melihat halaman situs Anda. Deskripsi meta harus memberikan deskripsi singkat kepada pengguna tentang apa yang akan mereka temukan jika mereka meng-klik situs Anda.

Pada intinya, tag deskripsi meta di HTML adalah cuplikan teks berisi 160 karakter yang digunakan untuk meringkas konten halaman web. Mesin pencarian terkadang menggunakan cuplikan ini di hasil penelusuran untuk memberi tahu pengunjung tentang ringkasan halaman tersebut sebelum mereka meng-kliknya.

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Meta Description

Sebagian besar ahli SEO mungkin memiliki pertanyaan "Jika deskripsi meta tidak diperhitungkan dalam algoritma peringkat pencarian, mengapa saya harus menggunakannya?" Jawabannya sederhana. Berhentilah menganggapnya sebagai faktor penentu peringkat pencarian dan mulailah memikirkannya sebagai faktor untuk mendapatkan konversi. Berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan deskripsi meta di situs web Anda yang meliputi beranda, halaman internal, postingan blog, dan sebagainya.

1. Kata kunci di hasil penelusuran

Meskipun kata kunci yang Anda gunakan dalam deskripsi meta tidak membantu dalam peringkat pencarian, kata kunci tersebut masih dapat membantu menarik perhatian pencari. Ketika seseorang sedang mencari kata kunci atau frase tertentu, kalimat tersebut akan dicetak tebal dalam hasil pencarian di mana pun itu muncul.

Ini menunjukkan mengapa frase kata kunci teratas Anda harus ada dalam judul SEO dan deskripsi meta Anda. Anda tentu tidak ingin menjadi satu-satunya hasil dalam daftar pencarian ini yang tidak memiliki kata kunci untuk penelusuran tersebut. Jadi, pastikan deskripsi meta Anda menggunakan kata kunci yang Anda sudah ditargetkan dan ditulis dengan cara yang akan mendorong pencari untuk meng-klik hasil pencarian tersebut.

2. Banyak media sosial yang menggunakannya

Setiap kali Anda membagikan halaman di jejaring sosial seperti Facebook, Google+, atau LinkedIn, setiap situs akan menarik deskripsi meta dan kalimat pertama atau kedua sebagai deskripsi untuk ditampilkan. Deskripsi meta biasanya akan ditampilkan secara keseluruhan, sedangkan satu atau dua kalimat pertama dari postingan Anda akan berakhir dengan tanda elipsis […].

Meskipun Anda dapat mengedit deskripsi untuk penggunaan Facebook dan LinkedIn, tidak semua orang yang membagikan halaman situs Anda akan melakukannya. Artinya, jika kalimat pertama atau kedua yang berada di halaman tersebut tidak memberi ringkasan yang cukup baik, pengguna yang sedang melihat bagian tersebut mungkin akan tidak mengerti maksud dan tujuan dari laman tersebut. Karenanya, jika Anda ingin halaman situs Anda mendapatkan klik paling banyak di media sosial, pertimbangkan untuk membuat deskripsi meta yang kuat yang akan mendorong klik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini