Joe Biden Tunjuk Orang Ini Jadi Kepala Staf Gedung Putih

Joe Biden Tunjuk Orang Ini Jadi Kepala Staf Gedung Putih Foto: Antara/REUTERS/Jonathan Ernst

Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menunjuk ajudan lama Ron Klain sebagai kepala staf Gedung Putih. Klain telah menjadi ajudan Biden sejak 1980-an di Komite Yudisial Senat dan kemudian kepala staf saat dia wakil presiden.

Klain juga ajudan senior Gedung Putih untuk Barack Obama dan kepala staf Wakil Presiden Al Gore.

Baca Juga: Makin Mangkel, Trump Ngumpet dan Wakilnya Pilih Liburan Pas Diajak Jumpa Biden

Sosoknya pernah dimainkan oleh aktor Kevin Spacey dalam film Recount, tentang pemilu presiden 2000.

Kepala staf Gedung Putih bertugas mengatur jadwal harian presiden dan sering digambarkan sebagai penjaga gerbangnya. Dia adalah orang yang ditunjuk secara politik yang tidak memerlukan konfirmasi Senat.

Biden memberikan penghormatan kepada Klain dalam pernyataan yang dikeluarkan tim transisinya. 

"Pengalaman dan kapasitasnya yang dalam dan beragam untuk bekerja dengan orang-orang di seluruh spektrum politik, persis seperti yang saya butuhkan sebagai kepala staf Gedung Putih saat kita menghadapi momen krisis ini dan menyatukan kembali negara kita," ungkap Biden dilansir BBC.

Dalam pernyataan yang sama, Klain mengatakan dia "merasa rendah hati" oleh kepercayaan presiden terpilih padanya.

"Saya berharap dapat membantu dia dan wakil presiden terpilih mengumpulkan tim yang berbakat dan beragam untuk bekerja di Gedung Putih, saat kami menangani agenda ambisius mereka untuk perubahan, dan berusaha memulihkan perpecahan di negara kita," papar Klain.

Klain menjabat sebagai penasihat utama di Komite Kehakiman Senat pada 1989-1992 ketika Biden menjadi ketua.

Dia juga seorang penasihat dan penulis pidato pada kampanye Gedung Putih pada 1988 dan 2008.

Klain menjabat sebagai kepala staf untuk Mr Biden pada 2009-2011 selama masa jabatannya sebagai wakil presiden di Gedung Putih bersama Obama.

Tokoh lama Partai Demokrat itu juga terlibat dalam dua kampanye kepresidenan Bill Clinton dan menjadi penasihat untuk pencalonan John Kerry di Gedung Putih yang gagal pada 2004.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini