Makin Mangkel, Trump Ngumpet dan Wakilnya Pilih Liburan Pas Diajak Jumpa Biden

Makin Mangkel, Trump Ngumpet dan Wakilnya Pilih Liburan Pas Diajak Jumpa Biden Kredit Foto: Reuters/Brian Snyder

Kelakuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump benar-benar ngeselin. Diajak ketemuan oleh Presiden AS terpilih Joe Biden untuk bahas peralihan kekuasaan dan penanganan Covid-19, dia malah ngumpet.

Sampai kemarin, Trump masih ogah mengakui keunggulan Biden. Dia mengatakan, Biden terlalu cepat mengklaim kemenangannya hanya berdasar siaran televisi dari Partai Demokrat.

Baca Juga: Berani Beda dari Pemimpin Lain, Hassan Rouhani Justru Olok-Olok Trump

“Kita akan menang. Kami membuat kemajuan besar. Hasil mulai datang di minggu depan,” kicau Trump di akun Twitter miliknya.

Tuduhan Trump itu mendapat dukungan dari politisi Republik. Menteri Luar negeri AS, Mike Pompeo mendukung penuh sikap Trump tersebut. Hanya saja, berbagai serangan Trump itu dikicaukan dari Twitter. Sejak memecat Menteri Pertahanan AS Mark Esper Senin (9/11/2020), Trump tak terlihat muncul di layar kaca. Hanya kicauannya yang terdengar di Twitter.

Sementara itu, Wakil Presiden AS, Mike Pence sama sekali tak pernah merespons tuduhan kecurangan pilpres yang diklaim Trump. Pence bahkan bisa dibilang jarang muncul lagi di media usai pilpres AS. Karena sudah tak pernah tampil, ada yang menyebut Pence sedang pergi liburan.

Sikap Trump yang belum mau mengakui kekalahan bahkan melakukan perombakan besar-besaran di Pentagon, membuat Biden geleng-geleng kepala. “Ini benar-benar memalukan,” kata Biden, di kampung halamannya, di Wilmington, Delaware, kemarin.

Biden menegaskan, tidak ada seorangpun yang akan menghentikan peralihan kekuasaan di pemerintahan AS. Biden mengatakan, timnya kini sedang mendorong pembentukan pemerintahan baru untuk mengambil alih kekuasaan pada Hari Pelantikan, 20 Januari 2021.

“Kami akan pergi, bergerak bersama, secara konsisten, menyusun administrasi kami, gedung Putih, dan meninjau siapa yang akan kami pilih untuk posisi kabinet, dan tidak ada yang akan meng hentikan itu,” tutur Biden.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini