Apa Itu Devisa?

Apa Itu Devisa? Foto: Reuters/Leonhard Foeger

Devisa adalah sejumlah valuta asing atau emas yang dapat dipergunakan untuk transaksi pembayaran luar negeri. Devisa berada di bawah pengawasan otoritas moneter atau Bank Sentral dan dibutuhkan untuk setiap transaksi yang dilakukan antar negara.

Devisa juga dapat diartikan sebagai nilai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing, nilai kekayaan ini perlu diakui oleh secara global oleh negara-negara lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Devaluasi?

Namun, tak semua mata uang dunia dapat dikatakan sebagai nilai devisa suatu negara. Karena, yang bisa dikatakan sebagai devisa adalah mata uang asing yang beredar di negara tersebut dan memiliki catatan kurs resmi di Bank Sentral.

Fungsi devisa hampir sama dengan uang, tetapi devisa digunakan sebagai proses pertukaran antar negara. Selain itu, devisa juga bisa menjadi cadangan moneter di negara tersebut.

Ssebagai suatu cadangan yang penting bagi suatu negara, devisa sangat diperlukan karena itulah sumber devisa kerap dijaga. Apa saja sumber devisa? Berikut ulasannya!

1. Kegiatan Ekspor

Ekspor menjadi andalan sumber devisa bagi negara karena memiliki sistem ekonomi terbuka. Semakin banyak barang atau jasa yang diekspor, maka jumlah devisa negara juga semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan semakin tinggi jumlah ekspor, semakin tinggi pula cadangan devisa negara.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini