Lewat Webinar, 14 Eksportir RI Tawarkan Beragam Komoditas Laut pada Singapura

Lewat Webinar, 14 Eksportir RI Tawarkan Beragam Komoditas Laut pada Singapura Kredit Foto: Dubes RI Singapura

Dubes RI Singapura hari ini (11/11/2020) membuka webinar dan pertemuan one-on-one bidang perikanan sektor frozen fish yang diikuti oleh sejumlah eksportir Indonesia dan lebih importir Singapura.

Kegiatan yang diselenggarakan KBRI Singapura bekerja sama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) RI, Seafood Industries Association Singapore (SIAS), dan Singapore Food Agency (SFA) ini diadakan untuk menjembatani hubungan bisnis di antara kedua negara yang pada akhirnya turut meningkatkan ekspor bidang perikanan dari Indonesia.

Duta Besar Suryopratomo menekankan bahwa sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan yang luar biasa. Hal ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik, dan untuk itu, melalui kegiatan ini, KBRI Singapura turut mendorong ekspor komoditas hasil-hasil laut.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, 19 Perusahaan Raih Penghargaan Eksportir Berkinerja Terbaik

Selain itu, Suryopratomo juga menyampaikan bahwa KBRI Singapura siap membantu para eksportir yang mengalami kendala dalam melakukan ekspor ke Singapura. 

Senada dengan Dubes Suryopratomo, William Tan, Chairman SIAS, menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara utama pemasok produk perikanan ke Singapura. Pihaknya juga menyambut baik kegiatan ini karena menyediakan platform yang menghubungkan langsung antara importir dan eksportir perikanan.

Sementara itu, Peh Zi Yang dari Seafood Association Singapore menyampaikan bahwa impor komoditas perikanan ke Singapura dari Indonesia mencapai 22% dari total impor seafood keseluruhan. Berbagai komoditas yang diimpor dari Indonesia di antaranya udang, cumi-cumi, kepiting, dan berbagai jenis ikan.

Selain itu, Singapura juga menjadi negara yang melakukan ekspor kembali (re-export) komoditas perikanan, termasuk ke Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini