Apa Itu Page Title Optimization?

Apa Itu Page Title Optimization? Foto: Unsplash/Rawpixel

Menulis sebuah judul halaman yang baik adalah keterampilan penting bagi siapa pun yang akan melakukan strategi SEO. Mengapa demikian? Karena tag judul adalah hal pertama yang dilihat pengguna di hasil penelusuran Google, dan itu juga merupakan salah satu faktor terpenting yang digunakan Google untuk menentukan topik laman.

Hal ini membuat penggunaan judul yang baik penting bagi performa SEO, dan artikel ini akan membahas mengapa Anda membutuhkan judul halaman yang bagus serta cara dalam mengoptimalkannya.

Pengertian dari Page Title Optimization

Jika Anda melihat sumber halaman (klik kanan pada halaman, lalu pilih View Page Source), Anda akan menemukan judul di bagian awal, dan akan terlihat seperti ini:

<title> contoh judul halaman - SituswebAnda.com </title>

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO

Ini adalah tag judul HTML, yang juga disebut sebagai judul SEO atau page title SEO. Saat Anda mencari sesuatu di mesin pencarian, Anda akan mendapatkan daftar hasil yang muncul sebagai cuplikan atau snippets. Page title adalah bagian dari snippets yang bersamaan dengan URL dan meta description.

Oleh karena itu, hal pertama yang dilihat pengguna, bahkan sebelum pengguna masuk ke situs Anda, adalah judul SEO. Untuk memperjelas hal ini, Anda harus bisa membedakan antara judul SEO dengan judul utama halaman. Judul utama halaman adalah apa yang dilihat pengguna setelah mereka mengklik judul SEO dan masuk ke halaman tersebut.

Judul halaman atau page title mungkin adalah aspek dari SEO yang paling sering diabaikan. Membuat judul halaman yang bagus adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh siapa pun. Tujuannya adalah untuk mendapatkan konversi SERP yang lebih tinggi. Tag judul adalah faktor utama dalam membantu mesin pencarian dalam memahami tentang apa halaman Anda, dan mereka juga menentukan kesan pertama pengunjung terhadap halaman Anda.

Penting untuk selalu mengoptimalkan judul halaman Anda karena sebagian besar mesin pencari seperti Google selalu mengandalkannya saat memberi peringkat pencarian karena judul tersebut dapat memberikan garis besar tentang isi dari konten tersebut. Untuk dapat unggul dalam menerapkan SEO serta membuat bisnis online yang baik, penting untuk mengikuti aturan yang diberikan Google.

Pada 2017, Google menyumbang lebih dari 79% dari semua trafik pencarian desktop global, diikuti oleh Bing pada 7,27%, Baidu pada 6,55%, dan Yahoo pada 5,06% sehingga membuat Anda perlu untuk melakukan segelintir upaya untuk meningkatkan performa SEO Google.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini