Ajak Komunitas dan Bisnis Bangkit, Facebook Gelar Facebook Summit Indonesia Kedua

Ajak Komunitas dan Bisnis Bangkit, Facebook Gelar Facebook Summit Indonesia Kedua Foto: Unsplash/Alex Haney

Facebook menggelar Facebook Summit Indonesia yang kedua kembali digelar. Berbeda dari tahun sebelumnya, summit kali ini digelar secara virtual.

"Melalui Facebook Indonesia Summit yang kedua ini, kami kembali mengajak komunitas dan bisnis di Indonesia untuk bersama-sama bangkit," kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia, Selasa (10/11/2020).

Sepanjang 2020, Facebook telah melakukan beragam kemitraan dan kolaborasi untuk membantu komunitas dan bisnis lokal agar dapat bertahan dan beradaptasi. Di antaranya kampanye #TumbuhdiFacebook, kolaborasi dengan Kementerian Perdagangan yang menghadirkan beberapa seri program seperti Akademi Instagram, bincang virtual Dari UMKM untuk UMKM di  Facebook, dan serial video UKM Inspiratif. 

Baca Juga: Ubah Konsep Bisnis, ShopBack Berubah Jadi Portal Pra-Belanja

"Selain itu, kami juga terus melanjutkan pelatihan bagi  bisnis melalui program reguler kami, Laju Digital, #shemeansbusiness dan Go Digital and Scale Up with Whatsapp," ujar Pieter.

Di luar dari pelatihan, Facebook juga menggulirkan dana bantuan senilai Rp12,5 miliar untuk UKM di  seluruh Indonesia.

Selain itu, Facebook juga memberikan dukungan melalui fitur baru yang dapat memudahkan para  pelaku UKM untuk memasarkan produk mereka dengan mendirikan toko online di Facebook dan  Instagram, Facebook Shops. Melalui fitur ini, konsumen dapat melihat seluruh produk yang ditampilkan bisnis dan menandai gambar dari produk yang disukai. Konsumen juga dapat menghubungi pemilik bisnis tersebut melalui Direct Message, WhatsApp atau Messenger untuk bertanya dan mendapatkan informasi produk.

Kepada para pemimpin komunitas, Facebook menggelar Community Accelerator, program pelatihan selama enam bulan yang fokus pada pengembangan komunitas melalui bimbingan langsung dan pendanaan sebesar US$3 juta kepada seluruh peserta yang terpilih. Dari Indonesia, tiga komunitas yang terpilih dalam program ini adalah MotherHope Indonesia, Indonesian Babywearers, dan Social Connect.

"Baru-baru ini, kami juga menggelar program Rakit Bangkit, program rangkaian acara live di halaman Facebook Indonesia untuk membantu masyarakat meningkatkan, mengasah, serta  belajar kemampuan dan keterampilan baru agar dapat bangkit dari pandemi. Kami berkolaborasi dengan banyak kreator konten, public figure, profesional, komunitas, dan organisasi kemasyarakatan untuk saling berbagi inspirasi," jelas Pieter.

Facebook Indonesia Summit berlangsung selama satu hari di mana seluruh partisipan dapat mengikuti  beragam aktivitas yang tersedia, di antaranya workshops dan talkshows dari para pembicara yang  andal di bidangnya, seperti Sheryl Sandberg, COO Facebook Company; Matt Idema, COO Whatsapp;  dan Nuseir Yassin, kreator Nas Daily.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini