Saham Zoom Tekor Parah, Kekayaan Eric Yuan Langsung Terkuras Dalam-Dalam!

Saham Zoom Tekor Parah, Kekayaan Eric Yuan Langsung Terkuras Dalam-Dalam! Foto: M.Today

Pendiri Video Conference Zoom, Eric Yuan bagaimanapun juga adalah sosok yang paling bersinar di tengah pandemi corona yang membantai ekonomi dunia. Tetapi, kekayaan Eric Yuan justru meningkat selama pandemi dan menolong berbagai bisnis agar bisa tetap berjalan meski tetap harus di rumah.

Zoom Video Communications Inc. miliknya ini juga telah menyelenggarakan pelajaran sekolah, pertemuan keluarga, dan pertemuan bisnis untuk lebih dari 300 juta peserta sehari selama pandemi. Sepanjang tahun ini, saham Zoom telah melonjak lebih dari 500% dan Yuan sempat merasakan kekayaannya mencapai USD28,6 miliar atau sekitar Rp403 triliun. Ia pun menjadi orang terkaya ke-40 di dunia.

Baca Juga: Bye WFH! Kehadiran Vaksin Bikin Saham Zoom, Netflix dkk Terguncang Hebat!

Namun, tampaknya kejayaan itu akan berakhir. Dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (11/11/2020) saham Zoom terpukul Senin setelah Pfizer Inc. mengatakan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya dengan BioNTech SE mencegah lebih dari 90%. Kemajuan ilmiah inilah yang paling menggembirakan sejauh ini dalam pertempuran melawan virus.

Kabar tersebut pun membawa saham maskapai penerbangan, raksasa minyak, dan operator hotel melonjak, tetapi saham yang diuntungkan dari pandemi harus terguncang.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah keuntungan luar biasa itu dapat bertahan, atau apakah orang akan berhenti menggunakan layanan Zoom setelah pandemi berakhir?

Saham Zoom telah turun 17% di New York pada hari Senin, menghapus USD5,1 miliar (Rp72 triliun) dari kekayaan bersih Yuan. Sebelumnya, Yuan telah menjual lebih dari USD275 juta (Rp3,8 miliar) saham Zoom pada tahun 2020. Meski demikian, harta kekayaannya masih menyentuh angka yang fantastis yaitu USD20 miliar (Rp282 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index. (kurs Rp14.115/dolar)

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini