Apa Itu Singles' Day? Mengapa Diperingati Tiap 11 November?

Apa Itu Singles' Day? Mengapa Diperingati Tiap 11 November? Foto: Dina Kusumaningrum

Di China, 11 November menjadi salah satu momen belanja tahunan dengan tingkat konsumsi yang tinggi. Perayaan itu bernama Singles' Day. Apa itu Singles' Day?

Melansir The Spin Off, Rabu (11/11/2020), awalnya Singles' Day berlangsung sebagai perayaan para lajang (single)--sebuah reaksi terhadap Hari Valentine yang lahir dari budaya asrama Universitas Nanjing pada 1990-an.

"Sejak saat itu, perayaan Singles' Day telah meluas lebih luas ke masyarakat China. Kemudian, berkat internet dan media sosial, itu juga menyebar ke seluruh dunia," begitulah menurut laporan tersebut.

Baca Juga: Wow, E-Commerce Besutan Jack Ma Catat 583 Ribu Pesanan per Detik di Festival Belanja 11.11

Baca Juga: Kisah di Balik Startup Crewdible: Tumbuh Lebih dari 30 Kali Lipat dalam 10 Bulan

Lantas, bagaimana bisa Singles' Day berubah menjadi hari festival belanja daring tahunan? Semua bermula pada 2009, ketika Alibaba mengadopsi perayaan 11.11 menjadi hari di mana masyarakat mentraktir diri sendiri dengan berbelanja barang baru.

Saat itu, transaksi terbanyak terjadi di platform Alibaba, yakni Tmall (barang impor) dan Taobao (versi China dari TradeMe atau eBay).

Dari situ, acara yang tidak terkait dengan urusan belanja pun menjadi tradisi, seperti pesta kencan buta ataupun pernikahan pada 11.11. Tradisi tersebut semakin marak pada 2011 alias Super Singles' Day (11.11.11).

Apa Perbedaan Singles' Day dengan Black Friday?

Black Friday menghasilkan pendapatan yang lebih sedikit daripada Singles' Day. Pada 2018, Alibaba Group saja mencatatkan lebih dari 30 miliar dolar AS total GMV (Gross Merchandise Volume), melibatkan 180 ribu merek dari China dan global.

Bahkan, angka itu jauh lebih kecil dari kombinasi pendapatan Black Friday dan Cyber Monday di AS. Dengan begitu, Singles' Day merupakan festival belanja daring terbesar di dunia; karena kini telah melibatkan merek dan konsumen secara global--termasuk di Indonesia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini