Baru Lagi, Iran Beberkan Kota Bawah Tanah Rahasia Penyimpanan Rudal

Baru Lagi, Iran Beberkan Kota Bawah Tanah Rahasia Penyimpanan Rudal Kredit Foto: Ima Media Screencap

Iran telah mengungkapkan pangkalan rudal bawah tanah rahasia yang digunakan Pasukan Dirgantara Garda Revolusi Iran.

Pangkalan itu terlihat seperti kota bawah tanah dengan jaringan terowongan panjang, termasuk rudal balistik jarak menengah (MRBM) yang dirancang Iran, berbahan bakar cair, dan dijuluki Emad.

Baca Juga: Sambil Bersyukur, Rakyat Iran Mau Biden Longgarkan Sanksi-sanksi

Ini bukan pertama kalinya Iran mengungkapkan keberadaan pangkalan rudal bawah tanah dengan gambar terowongan rahasia dan fasilitas bergerak. Di sana juga ada area penyimpanan dan ruang peluncuran, yang muncul lima tahun lalu.

“Tidak diketahui apakah terowongan tersebut mampu menahan serangan nuklir, tetapi mereka harus bertahan untuk penggunaan amunisi konvensional,” ungkap laporan surat kabar Rossiyskaya Gazeta.

Pengumuman keberadaan pangkalan rudal bawah tanah itu muncul saat Iran mengalami krisis keuangan. 

Pemerintah Iran mengakui negara itu menderita krisis mata uang asing akibat sanksi Amerika Serikat (AS).

Juru Bicara Pemerintah Iran Ali Rabiei mengumumkan dalam konferensi pers bahwa kenaikan harga barang terutama disebabkan oleh kekurangan mata uang asing akibat sanksi AS.

"Kami harus menerima bahwa kami tidak memiliki cadangan mata uang asing yang cukup, tetapi kami melakukan upaya ganda untuk mengamankan jumlah mata uang asing yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ungkap Rabiei.

AS menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran pada Mei 2018, dan kembali menjatuhkan sanksi pada Teheran pada Agustus tahun yang sama.

AS berdalih hendak menekan Iran menandatangani perjanjian baru yang membatasi pengaruh regionalnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini