Azerbaijan Mentalkan Dominasi Armenia, Turki Bangga bahkan Sampai Beri Puji-pujian

Azerbaijan Mentalkan Dominasi Armenia, Turki Bangga bahkan Sampai Beri Puji-pujian Kredit Foto: Reuters

Turki memuji Azerbaijan yang merupakan sekutu dekatnya atas kemenangan di pertempuran dan kesepakatan mengakhiri konflik dengan Armenia. Seperti diketahui, Rusia, Armenia, dan Azerbaijan telah bersepakat mengakhiri konflik pada Selasa (10/11/2020).

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengaku turut senang dengan kesepakatan mengakhiri konflik ini. Ia menyebut, Azerbaijan sebagai sekutu Turki yang berhasil mengakhiri pertempuran yang berlangsung lebih dari sebulan.

Baca Juga: Baru Lagi, Tiga Negara Ini Ucap Kata Sepakat Bereskan Konflik Nagorno-Karabakh

“Azerbaijan, persaudaraan telah mencapai keuntungan penting di medan pertempuran dan meja perundingan. Saya dengan tulus mengucapkan selamat atas kesuksesan sakral ini. Kami akan terus menjadi satu bangsa, satu semangat dengan saudara-saudara Azeri kami," kata Mevlut Cavusoglu di Twitter seperti dilansir Aljazirah, Selasa (10/11).

Pertempuran di Nagorno-Karabakh disebut telah mengamankan keuntungan penting bagi sekutu dekatnya Azerbaijan dalam konflik dengan Armenia. Pada Minggu (8/11/2020),  Azerbaijan mengumumkan kemenangan di salah satu kota terbesar di kawasan itu.

Berdasarkan kesepakatan mengakhiri konflik itu, pasukan penjaga perdamaian Rusia akan dikerahkan di sepanjang garis depan di Nagorno-Karabakh dan koridor antara wilayah tersebut dan Armenia. Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan, Turki juga akan mengambil bagian dalam proses pemeliharaan perdamaian.

Azerbaijan mengatakan, sejak 27 September telah merebut kembali sebagian besar tanah di dan sekitar daerah Nagorno-Karabakh yang hilang dalam perang pada 1991 hingga 1994 dan menewaskan sekitar 30 ribu orang. Ribuan orang dikhawatirkan tewas dalam gejolak konflik.  Tiga gencatan senjata kemanusiaan telah gagal sebelum deklarasi tersebut pada Selasa pagi.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini