Joe Biden Akan Tunjuk Obama Jadi Dubes di Inggris, PM Inggris Marah?

Joe Biden Akan Tunjuk Obama Jadi Dubes di Inggris, PM Inggris Marah? Foto: Antara/REUTERS/Brian Snyder

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden disebut-sebut akan mencalonkan Barack Obama untuk menjabat sebagai duta besar AS di Inggris. Informasi ini berdasarkan laporan media The Sunday Times, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

"Saya mendengar ada kemungkinan bahwa Obama bisa diminta untuk posisi tersebut, sebagai ucapan terima kasih," kata sumber itu seperti dikutip Sputniknews. Biden pernah menjabat sebagai wakil presiden di era kepemimpinan Obama, antara tahun 2009 dan 2017.

Media Inggris menyebut langkah untuk menunjuk Obama sebagai duta besar mungkin terbilang memalukan bagi Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Hal ini disebut demikian mengingat pernyataan Johnson sebelumnya yang dicap tidak ramah bila menyoal Barack Obama.

Pada 2016 misalnya, ketika Johnson masih menjabat sebagai wali kota London, dia pernah mengomentari keputusan pencopotan patung PM Inggris Winston Churchill dari Oval Office, tak lama setelah Obama menjadi presiden.

Sementara itu, mantan jubir Presiden Obama, Tommy Vietor, dalam cuitannya pekan lalu mengatakan, mereka tidak akan pernah melupakan komentar rasis yang dilontarkan Johnson tentang Obama dan "pengabdiannya" yang berlebihan terhadap Donald Trump.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini