99 Group Akuisisi Portal Jual Beli dan Penyedia Data Properti dari Singapura SRX

99 Group Akuisisi Portal Jual Beli dan Penyedia Data Properti dari Singapura SRX Foto: Ist

99 Group, memutuskan untuk mengakuisisi Singapore Real Estate Exchange (SRX). SRX merupakan platform properti dan penyedia data real estate di Singapura. 99 Group senddiri merupakan perusahaan induk dari 99.co Singapura & Indonesia, iproperty.com.sg, Rumah123.com, dan beberapa merek platform properti Asia Tenggara.

Berdasarkan Perjanjian Jual Beli yang telah diselesaikan pada 7 November 2020, 99 Group akan mengakuisisi semua saham di Streetsine Singapore Pte Ltd. Transaksi ini diharapkan akan selesai pada kuartal II 2021. Pasca akuisisi, seluruh karyawan SRX turut bergabung bersama 99 Group. Mereka akan ‘transit’ dan berintegrasi dengan tim dalam beberapa pekan mendatang.

Bergabungnya SRX di bawah payung yang sama dengan 99.co dan iproperty.com.sg, kian menambah kekuatan dari segi kumpulan listing, informasi, dan berbagai perangkat untuk mendukung 99 Group dalam memberikan nilai serta layanan kompetitif kepada konsumen dan profesional real estate di Singapura. Hal ini pun tentunya membawa dampak positif pada layanan perusahaan 99 Group yang ada di Indonesia pada masa datang, baik untuk developer, agen, hingga pencari properti.

Baca Juga: Skandal Pailit Perusahaan Properti Ini Berakhir ....

Akuisisi ini menjadikan 99 Group sebagai pemimpin pasar properti di Singapura dalam kurun waktu 18 bulan. Langkah ini pun menyusul kesuksesan perusahaan di Indonesia yang telah mengakuisisi UrbanIndo serta menarik masuk Rumah123.com untuk membentuk platform terbesar di Indonesia. Proses joint venture antara 99.co dan Rumah123.com sendiri telah berlangsung sejak awal tahun 2020.

SRX didirikan pada 2009 dan secara cepat menancapkan taringnya sebagai penyedia data properti komprehensif di Singapura. Salah satu perangkatnya ialah, algoritma AI X-Value, yang memberikan prediksi nilai dari sebuah properti secara akurat dan instan. Perangkat ini akrab di antara agen properti dan konsumen. Produk data dari SRX lainnya seperti Analyzer dan Home Report juga dianggap sangat diperlukan dalam industri real estate saat ini.

CEO 99 Group Darius Cheung mengatakan, kemampuan analisis data dari SRX sangat cocok untuk platform 99 Group yang kian menekankan kualitas listing dan konten untuk para pengguna. Ia optimistis, teknologi eksklusif dan terbaik di kelasnya dari SRX akan meningkatkan kemampuan 99 Group untuk meluncurkan inovasi yang berbeda.

“Data properti yang andal adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, pencarian properti terus bergeser ke ranah online meskipun kegiatan visit atau open house secara langsung telah kembali diizinkan. Ini menunjukkan sudah ada perubahan dalam perilaku konsumen. Industri real estate tentu perlu melakukan digitalisasi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang,” tambah Darius.

Baca Juga: Stimulus Sektor Properti Dorong Peningkatan PDB Indonesia

99 Group sendiri telah melakukan percepatan pengembangan teknologinya dalam beberapa bulan terakhir. Teknologi ini pun disesuaikan dengan kebiasaan baru yang muncul akibat pandemi Covid-19. Salah satu di antaranya ialah opsi meninjau properti idaman secara virtual dan menggunakan video.

Tak hanya itu, 99 Group pun tengah menyelenggarakan Singapore Property Show. Pameran properti online terbesar di Singapura ini memiliki layanan yang memungkinkan masyarakat seolah tengah meninjau unit contoh dari 18 proyek properti partisipan secara langsung. Tentunya, hal ini dilakukan secara virtual dan dilengkapi dengan narasi. Layanan ini pun telah menerima 1 juta engagement hanya dalam 2 hari sejak peluncurannya pada 10 Oktober 2020. Di sisi lain, webinar yang telah diselenggarakan dalam dua pekan pertama pun menggaet 85 ribu live views.

Di Indonesia sendiri, 99 Group lewat Rumah123.com telah menyelenggarakan Mandiri Festival Properti Indonesia Online 2020 pada 9 September - 10 Oktober lalu. Gelaran online yang bertujuan menjawab kebutuhan pencari properti di tengah pandemi ini, memberikan berbagai penawaran terbaik dan sukses menarik 300 ribu pengunjung.

Terlepas dari kelabilan ekonomi efek pandemi, 99 Group terus berkembang di tengah gencarnya transformasi digital dalam proses jual beli properti. Perusahaan pun telah mengumumkan pada September 2020 mengenai rencana merekrut 100 staf teknologi selama 12 bulan ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan tim produk dan tekniknya.

"Kami sangat senang menyambut seluruh tim SRX ke dalam keluarga 99 dan merasa terhormat dapat memberikan peluang kerja di masa sulit ini,” pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini