Kemendag Bidik Transaksi Rp14 Triliun di Pameran Dagang TEI

Kemendag Bidik Transaksi Rp14 Triliun di Pameran Dagang TEI Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membidik kontrak dagang senilai US$1 miliar atau sekitar Rp14,05 triliun dari program buying mission dalam perhelatan Trade Expo Indonesia-Virtual Exhibition (TEI-VE) ke-35.

Target ini jauh di bawah capaian dari TEI 2018 dan 2019 yang masing-masing sebesar Rp126,77 triliun dan Rp130,8 triliun. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan penyelenggaraan pameran dagang terbesar Asia Tenggara tahun ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan teknologi IT terkini.

"TEI ke-35 membawa terobosan untuk menjembatani eksportir Indonesia dengan mitra bisnisnya di seluruh dunia yang terbatas ruang geraknya secara fisik," kata Agus dalam pembukaan TEI-VE di Jakarta pada Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Jokowi: Pelaku Usaha saat Ini Harus Jeli Menangkap Peluang

Meski dilakukan secara virtual, namun Agus meyakini antusias dari pelaku usaha atau eksportir tetap tinggi. Tercatat, sejak diluncurkan pada September 2020, sebanyak 690 pelaku usaha telah bergabung dalam acara ini. Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dari target yakni 300 eksportir.

"Kami optimis dengan kelebihan ekspo secara virtual, dapat memberikan kontribusi pada peningkatan ekspor," tegasnya.

Di sisi lain, Agus tak memungkiri adanya kesulitan untuk menyamai hasil penyelenggaraan TEI tahun lalu. Di mana transaksi yang dihasilkan mencapai US$10,96 miliar.

"Hingga hari ini kami mencatat sebanyak 3.870 buyer terdaftar dari 109 negara melalui pendaftaran online maupun melalui perwakilan Indonesia ke luar negeri," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini