Gak Cuma Megatransaksi Akuisisi Bank Interim, Ini Daftar Aksi Korporasi BCA Tahun 2020

Gak Cuma Megatransaksi Akuisisi Bank Interim, Ini Daftar Aksi Korporasi BCA Tahun 2020 Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

September 2020, bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), melaporkan telah melakukan megatransaksi berupa akuisisi saham PT Bank Rabobank International Indonesia atau yang kemudian dikenal dengan PT Bank Interim Indonesia. Aksi pengambilalihan saham tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak ragam aksi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka.

Aksi korporasi sendiri merupakan tindakan yang dilakukan oleh perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia untuk mencapai tujuan tertentu serta memberi dampak kepada para pemegang saham. Aksi korporasi mempunyai banyak ragam, di antaranya adalah initial public offering (IPO), akuisisi, stock split, buyback, dividen, dan rights issueBaca Juga: Bank Milik Negara vs Swasta: BCA Masih Jawaranya!

Lantas, aksi korporasi apa saja yang sudah dilakukan BCA sepanjang tahun 2020 ini? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Akuisisi Bank Interim

BCA resmi merampungkan akuisisi mayoritas saham Bank Interim pada 25 September 2020. Melalui aksi korporasi ini, BCA mengambil alih 99,999973% saham Bank Interim dari Coöperatieve Rabobank U.A (CRUA), di mana 0,000027% saham Bank Interim lainnya dimiliki oleh PT BCA Finance, yakni entitas anak usaha dari BCA. Baca Juga: BCA Cetak Sejarah Baru di Bawah Kepemimpinan Jahja Setiaatmadja, Gak Main-Main!

Transaksi yang angkanya mencapai Rp643,65 miliar ini dilakukan dengan alasan untuk mendukung program konsolidasi sektor perbankan Indonesia. Selain itu, manajemen BCA mengungkapkan bahwa transaksi ini juga menjadi langkah BCA untuk memperkuat posisi keuangan PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini