Kabar Baik Nih, Vaksin Pfizer Klaim Bisa Kasih Perlindungan 90 Persen

Kabar Baik Nih, Vaksin Pfizer Klaim Bisa Kasih Perlindungan 90 Persen Kredit Foto: REUTERS/Michael Erman, Julie Steenhuysen

Vaksin virus corona yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech diklaim sebagai yang pertama di dunia, efektif dapat mencegah lebih dari 90% orang terkena Covid-19.

Pfizer dan BioNTech menggambarkannya sebagai "hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan".

Baca Juga: Sukses Bikin Vaksin COVID-19, Ini Sejarah Perusahaan Pfizer Sang Pionir Obat Manis

Vaksin mereka telah diuji pada 43.500 orang di enam negara dan tidak ada masalah keamanan yang diumumkan.

Perusahaan berencana mengajukan persetujuan darurat untuk menggunakan vaksin tersebut pada akhir bulan.

Belum pernah ada vaksin yang terbukti sangat efektif dalam waktu sesingkat itu. 

Masih ada tantangan besar ke depan, tetapi pengumuman tersebut disambut hangat para ilmuwan. Beberapa memperkirakan kehidupan dapat kembali normal pada musim semi. 

"Saya mungkin orang pertama yang mengatakan itu, tetapi saya akan mengatakannya dengan yakin," ungkap Sir John Bell, profesor kedokteran regius di Universitas Oxford.

Seberapa Efektif?

Vaksin dipandang sebagai cara terbaik untuk keluar dari berbagai pembatasan yang telah diberlakukan di berbagai lini kehidupan kita akibat pandemi Covid-19.

Data menunjukkan dibutuhkan dua dosis, dengan jarak tiga pekan. Uji coba di Amerika Serikat (AS), Jerman, Brasil, Argentina, Afrika Selatan dan Turki menunjukkan 90% perlindungan dicapai tujuh hari setelah pemberian dosis kedua.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini