Sukses Bikin Vaksin Covid-19, Ini Sejarah Perusahaan Pfizer Sang Pionir Obat Manis

Sukses Bikin Vaksin Covid-19, Ini Sejarah Perusahaan Pfizer Sang Pionir Obat Manis Kredit Foto: REUTERS/Michael Erman, Julie Steenhuysen

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS), Pfizer baru saja mengabarkan bahwa vaksin Covid-19 buatannya yang berkolaborasi dengan BioNTech (Jerman) efektif melawan corona. Kabar tersebut mengatakan bahwa keefektifannya dapat menangkal virus Covid-19 hingga lebih dari 90% tanpa efek samping berbahaya.

Pfizer bukanlah pemain baru di dunia farmasi, perusahaan ini didirikan oleh imigran Jerman, Charles Pfizer dan Charles Erhart pada 1849. Saat itu, mereka masih berusia 20an tahun tetapi mereka sukses menjadikan Pfizer bertahan hingga hari ini.

Baca Juga: Buktikan Vaksinnya Aman, Bos Pfizer Ingin Jadi Orang Pertama yang Disuntik

Dikutip dari Pharma Phorum di Jakarta, Selasa (10/11/2020) saat pertama kali berdiri, Pfizer adalah perusahaan yang berbisnis kimia halus di sebuah pabrik di Brooklyn. Modal awalnya berasal dari ayah Pfizer hingga mereka berhasil membuat produk pertamanya yaitu obat anti-parasit yang manis, enak dan dibuat sesuai selera.

Hal ini berkat keterampilan Pfizer sebagai ahli kimia dan Erhart yang merupakan pembuat manisan. Obat itu pun sukses dan menetapkan pola untuk pengembangan masa depan perusahaan.

Sayangnya, gejolak Perang Saudara Amerika yang meletus setelah tahun 1862 berdampak besar pada industri farmasi. Perang industri pun pecah dan melibatkan produsen obat-obatan serta produsen senjata.

Pesaing Pfizer saat itu, Squibb, kewalahan membuat obat penghilang rasa sakit dan antiseptik dalam jumlah besar untuk pasukan Union. Hal itu pun memberikan ruang lingkup yang besar untuk Pfizer. Pada tahun 1868, pendapatan Pfizer telah berlipat ganda sejak dimulainya perang, dan lini produk mereka telah berkembang pesat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini