Kisah Perusahaan Raksasa: Keperkasaan China Mobile di Dunia Tak Luntur Meski Dikendalikan Negara

Kisah Perusahaan Raksasa: Keperkasaan China Mobile di Dunia Tak Luntur Meski Dikendalikan Negara Foto: AP Photo/He Youbao

China Mobile Communications atau dikenal sebagai China Moblie adalah operator telepon seluler terbesar di China. Perusahaan dijalankan di bawah kendali langsung pemerintah China atau dengan kata lain ini merupakan perusahaan milik negara. 

Perusahaan telekomunikasi asal China ini telah memiliki hampir 900 juta pelanggan. China Mobile menyediakan layanan nirkabel menggunakan standar TD-SCDMA dan mengoperasikan bisnis 3G berdasar jaringan telekomunikasi seluler berbasis protokol internet yang digunakan bersama oleh 2G dan 3G.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Jadi 3 Besar di Tiongkok, Tak Setop Kejayaan China National Offshore Oil

Dalam perkembangannya China Mobile menawarkan berbagai produk antara lain pembayaran daring, dompet digital, tv berbayar dan layanan berbasis lokasi. Ini sangat menjanjikan jika melihat pada situasi dan kondisi era digital saat ini.

Untuk mengukur seberapa masif perusahaan ini, perlu kiranya kita menengok pada bagian finansial dari China Mobile. Catatan pada 2019 menyebut perusahaan ini mampu meraup keuntungan tahunan sebesar 112,09 miliar dolar AS dengan peningkatan 1,8 persen dari tahun sebelumnya. Sementara dari segi laba bersihnya, perusahaan sukses membukukan 11,74 miliar dolar, meningkat 7,4 persen. 

Pada tahun berikutnya yakni 2020, China Mobile sayangnya tidak seberuntung tahun lalu. Terjadi penurunan 3,2 persen dalam pendapatannya menjadi sebesar 108,52 miliar dolar. Tetapi uniknya, laba yang berhasil dikumpulkan justru meningkat 3,4 persen menjadi 12,14 miliar dolar. 

Dalam laporan Global 500 milik Fortune, China Mobile pada 2020 sukses duduk di peringkat 65 dalam daftar perusahaan raksasa dunia. Sayangnya China Mobile merosot cukup dalam dari sebelumnya di peringkat 56 pada 2019. Di tahun 2020 ini, aset dan nilai sahamnya masing-masing mencapai 266,19 miliar dolar dan 148,74 miliar dolar.

Sebagai perusahaan milik negara yang dikendalikan langsung oleh pemerintah China yang sukses menyandang gelar perusahaan raksasa, seperti apa perjalanan dari raksasa China Mobile? Berikut ulasan ringkasnya yang disusun oleh Warta Ekonomi, Selasa (10/11/2020), dalam artikel sebagai berikut.

Pada 1994, China Telecom didirikan sebagai perusahaan independen yang memiliki dan mengendalikan semua telekomunikasi publik, termasuk layanan seluler, telepon tak bergerak dan pos. 

China Telecom mengumpulkan 4,2 miliar dolar AS dalam penawaran umum perdana (IPO)dengan sahamnya masing-masing tercatat di Bursa Efek New York dan Bursa Efek Hong Kong. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini