Waduh, Konsumen Makin Pesimis dengan Ekonomi Indonesia

Waduh, Konsumen Makin Pesimis dengan Ekonomi Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan perbaikan keyakinan konsumen masih tertahan pada Oktober 2020. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2020 berada pada level pesimis (optimis diatas 100) yakni sebesar 79,0, lebih rendah dibandingkan dengan 83,4 pada September 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah seiring keyakinan konsumen terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang menurun.

"Hal tersebut ditengarai sebagai dampak dari belum pulihnya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat akibat pandemi COVID-19," ujarnya di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Konsumen Indonesia Optimis Krisis Pandemi Segera Berakhir

Meski demikian, menurut komponennya, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada pada level optimis dengan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 106,6.

"Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat didukung oleh ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja ke depan," tukasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini