Beda Biden dan Trump Soal Fungsi WHO

Beda Biden dan Trump Soal Fungsi WHO Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mike Segar

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin mengatakan menantikan kesempatan untuk bekerja sama secara erat dengan pemerintahan Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden.

WHO, pada saat yang sama, menyambut upaya-upaya untuk memperkuat WHO bersama Biden. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta Biden harus selaras dengan organisasi dunia yang berkantor di Jenewa tersebut.

"Dalam semangat itu, kami mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dan kami berharap dapat bekerja sama sangat erat dengan pemerintahan ini.

"Kita perlu menata kembali kepemimpinan, membangun rasa saling percaya dan akuntabilitas untuk mengakhiri pandemi dan mengatasi ketidaksetaraan mendasar yang menjadi akar dari begitu banyak masalah dunia," katanya.

Sebelumnya di era Presiden Donald Trump, dana dari Amerika Serikat untuk WHO dibekukan. Langkah Trump itu menuai kritik dari kalangan internasional di tengah krisis COVID-19.

Trump menuduh WHO sebagai "China-sentris" dalam penanganan pandemi, tudingan yang berulang kali dibantah Tedros.

Berbeda dengan Biden yang mendukung WHO untuk menangani masalah Covid-19. Ia bahkan akan membentuk Satgas Covid-19 di AS yang meminta saran dari WHO.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini