Ant Group Gagal Lepas Landas di Bursa, Dana Rp239 T untuk Jack Ma Hangus Tak Bersisa!

Ant Group Gagal Lepas Landas di Bursa, Dana Rp239 T untuk Jack Ma Hangus Tak Bersisa! Kredit Foto: Reuters/Bobby Yip

Minggu ini seharusnya menjadi pekan yang menguntungkan bagi miliarder asal China, Jack Ma. Perusahaan Ma, Ant Group yang berafiliasi dengan Alibaba seharusnya IPO minggu ini. Tetapi, sayangnya hal tersebut tidak terwujud. Ant Group gagal melantai di bursa saham Shanghai dan Hong Kong.

Dilansir dari BBC di Jakarta, Senin (9/11/2020), Ant Grpup rencananya akan mencatatkan saham perdananya pada Kamis kemarin di dua bursa yaitu Hong Kong dan Shanghai. Nilai IPO tersebut ditakdir mencapai USD 34,4 miliar atau sekitar Rp488 triliun.

Baca Juga: Kritik Jack Ma Berbuah Penangguhan Debut Saham di Bursa, Ada Apa Sebenarnya?

Sayangnya, rencana IPO tersebut ditangguhkan usai ada penilaian atau pemeriksaan regulator keuangan China. Dana USD17 miliar (Rp239 triliun) yang seharusnya masuk ke kantong Jack Ma menguap begitu saja. Kalau IPO Ant Group berhasil, kekayaan Jack Ma harusnya mencapai USD80 miliar (Rp1.127 triliun).

"Rencana tinggal landas ini tidak disetujui oleh otoritas," jelas Co-managing partner Marcum Bernstein & Pinchuk, Drew Bernstein.

Menurut beberapa analis, langkah tersebut menjadi upaya otoritas China untuk menahan perkembangan perusahaan yang menjadi sangat kuat.

Sebelumnya, Jack Ma mengkritik pemerintah China pada konferensi teknologi keuangan bulan lalu di Shanghai. Ia mengatakan sektor perbankan menghambat inovasi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini