Penjualan Mobil Bekas Naik 20%, Jimny Paling Dicari

Penjualan Mobil Bekas Naik 20%, Jimny Paling Dicari Kredit Foto: Warta Ekonomi

Penjualan mobil bekas mulai menggeliat menjelang akhir tahun. Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, mengatakan bahwa ada kenaikan permintaan mobil bekas 15%-20% dibanding bulan lain.

Menurutnya, salah satu pemicu kenaikan permintaan ialah adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pertumbuhan permintaan juga didorong oleh perilaku pelanggan yang berangsur positif, yang memperlihatkan bahwa 52% responden memiliki keinginan untuk membeli mobil dibandingkan dengan masa awal pandemi yang hanya 22% saja.

Baca Juga: Mobil Pribadi Paling Aman di Masa Pandemi, Mobil Bekas Naik Kelas

"Selain untuk alasan keamanan dan kesehatan, pelanggan juga membeli mobil bekas karena kegemaran terhadap jenis mobil tertentu," katanya di Jakarta, akhir pekan lalu. Salah satu merek mobil mini SUV yang menjadi incaran para konsumen yaitu Suzuki Jimny.

Selain bisa digunakan sebagai mobil offroad, Jimny yang merupakan mobil entry level di kendaraan berpenggerak 4x4 membuat merek mobil yang dulu diproduksi secara lokal bernama Katana ini, menjadi incaran para pengguna. Berdasarkan data OLX Otobarometer di bulan September 2020, Suzuki Jimny masuk menjadi salah satu mobil yang dicari dengan listing yang masih sedikit.

"Salah satu penyebab peningkatan pencarian mobil ini adalah produsen yang menghentikan pemesanan mobil baru dalam jangka waktu panjang hingga 2-5 tahun masa tunggu sehingga mobil bekas menjadi alternatif pilihan penyuka Suzuki Jimny," ucapnya.

Imbas lain dari jumlah peminat yang terus meningkat adalah harga mobil bekas Suzuki Jimny di platform OLX Indonesia juga ikut melonjak. Untuk mobil keluaran tahun 2019 dan 2020 sendiri, saat ini berada di kisaran harga Rp400 jutaan.

Dari segi tahun produksi, Suzuki Jimny berstatus impor utuh keluaran tahun 2019 dan 2020 menjadi mobil yang banyak diminati oleh pengguna. Menurut data OLX Indonesia, semenjak pemberhentian pemesanan mobil baru, ada perbedaan antara permintaan mobil bekas Jimny lama dan yang baru.

Permintaan Suzuki Jimny keluaran tahun 2019 naik sebesar 184% di September 2020 dibandingkan di bulan yang sama di tahun sebelumnya. Ini serupa dengan Suzuki Jimny keluaran tahun terbaru yaitu 2020, berada di angka nyaris dua kali lipat dari Suzuki Jimny tahun keluaran 2019. Sementara untuk Jimny keluaran tahun sebelum 2000, mengalami penurunan di atas 10%.

"Tingginya permintaan pada jenis mobil tertentu menunjukkan pasar mobil bekas masih diminati pengguna, terutama mereka yang ingin upgrade ke mobil bekas keluaran tahun lebih baru. Untuk itu, OLX Autos Indonesia terus berkomitmen memberikan ragam pilihan yang dapat menjadi solusi untuk jual beli mobil secara instan, aman, dan nyaman," tutup Ichmeralda.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini