ATM Bitcoin Capai Puluhan Ribu, Paling Banyak Ada di Negara Ini

ATM Bitcoin Capai Puluhan Ribu, Paling Banyak Ada di Negara Ini Foto: Unsplash/Dmitry Moraine

Pada tahun 2013, dunia melihat debut ATM Bitcoin pertama kali ketika sebuah perusahaan bernama Robocoin menempatkan mesin di kedai kopi Vancouver. Hal itu memungkinkan pelanggan untuk memperdagangkan Bitcoin dengan uang tunai dan sebaliknya; mesin melihat US$10.000 dalam BTC ditransaksikan pada hari pertama.

Sekarang, tinggal sebulan lagi dari akhir tahun 2020, perkiraan jumlah ATM crypto di seluruh dunia adalah sekitar 11.665 ATM, menurut laporan Cointelegraph, Senin (9/11/2020). Ini mencerminkan peningkatan luar biasa dalam jumlah ATM crypto dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Tokocrypto Resmi Luncurkan Aplikasi Perdagangan Aset Kripto

Jumlah ATM crypto pada akhir tahun 2019 diperkirakan sebanyak 6372 mesin. Sekarang, menjelang perpisahan hingga tahun 2020, telah terjadi peningkatan hampir 80%. Jumlah ATM crypto terus meningkat dengan rata-rata 23 mesin setiap hari, atau hampir satu ATM baru per jam.

Amerika Serikat mencatat penyebaran tercepat di dunia ATM kripto dan memperoleh bagian terbesar dari ATM kripto di wilayahnya. Jumlah ATM crypto yang berlokasi di Amerika Serikat meningkat dari 4.213 ATM pada 2019 menjadi 9.242 ATM pada 2020, meningkat lebih dari 50%. Amerika Serikat saat ini menyumbang sekitar 79,2% dari total jumlah ATM crypto di dunia.

Ada juga keragaman yang berkembang dari penyebaran ATM crypto di Amerika Serikat, dengan lokasi di toko-toko kecil, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, dan bahkan satu di Tesla Gigafactory.

Melengkapi lima besar adalah Kanada, peringkat kedua dengan 880 ATM; Inggris Raya di urutan ketiga dengan 268 mesin; Hong Kong di urutan keempat dengan 62 mesin; dan terakhir Kolombia, yang baru-baru ini menunjukkan minat yang besar untuk membangun ATM crypto dengan 59 mesin.

Adapun Afrika, Afrika Selatan menduduki kepemimpinan benua dengan 6 mesin, tetapi harus berhati-hati karena Nigeria, ekonomi terbesar di benua itu, telah menunjukkan minat yang meningkat selama setahun terakhir.

Di tingkat perusahaan yang memproduksi ATM kripto, Genesis Coin menduduki peringkat pertama di dunia dengan perusahaan yang berbasis di San Francisco itu menyebarkan 4.000 ATM kripto di seluruh dunia, diikuti oleh General Bytes dengan 3.442 ATM.

Pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah ATM crypto pada tahun 2020 menunjukkan meningkatnya minat dari pembeli ritel dan lembaga keuangan, termasuk raksasa keuangan Paypal.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini