Jadi Presiden Terpilih, Ingat-ingat 7 Janji Joe Biden Ini

Jadi Presiden Terpilih, Ingat-ingat 7 Janji Joe Biden Ini Foto: Antara/REUTERS/Kevin Lamarque

Capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden telah memenangkan pilpres. Ia meraih 290 suara elektoral, sementara pejawat Donald Trump 214. Dibutuhkan 270 suara untuk melenggang ke Gedung Putih.

Saat berkampanye, terdapat setidaknya tujuh hal yang dijanjikan Biden jika dia terpilih. Dikutip dari laman Sky News pada Minggu (8/11/2020), berikut janji-janji tersebut.

Baca Juga: Berpalingnya Pennsylvania dari Trump bikin Biden Jadi Presiden, Kenapa Bisa?

Penanganan Covid-19

Saat berkampanye, termasuk ketika debat capres, Biden melayangkan kritik keras terhadap Trump. Dia menganggap pemerintahan Trump telah gagal menangani pandemi Covid-19. Biden mengatakan jika terpilih sebagai presiden, dia akan menyusun rencana nasional terpadu.

Di dalamnya termasuk sepuluh ribu pelacakan staf, mendorong negara bagian memberlakukan kewajiban memakai masker dan karantina wilayah, pengujian massal, dan akses gratis terhadap vaksin untuk semua warga AS.

Ekonomi

Biden berjanji memompa aliran dana ke dalam bisnis Amerika dalam apa yang mungkin mewakili intervensi federal terbesar selama beberapa tahun. Dia telah menyatakan dukungannya untuk upah minimum nasional sebesar 15 dolar AS per jam, dan menawarkan pinjaman kepada perusahaan kecil serta menengah yang terdampak pandemi.

Para pengamat mengatakan rencana "Made in America" Biden akan menciptakan 18 juta pekerjaan baru. Dia juga berjanji untuk membalikkan beberapa pemotongan pajak yang diberlakukan oleh Trump, mengalihkan beban kembali ke orang terkaya di Amerika.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini