Militer Austria Diterjunkan buat Jaga Wina, Seberapa Ngeri Aksi Terornya?

Militer Austria Diterjunkan buat Jaga Wina, Seberapa Ngeri Aksi Terornya? Kredit Foto: Reuters/Leonhard Foeger

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan penembakan di Wina adalah serangan teror yang menjijikkan. Setelah peristiwa itu, tentara akan diturunkan untuk melindungi fasilitas di ibu kota sehingga polisi dapat fokus pada operasi anti-teror.

"Polisi kami akan mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku serangan teroris yang menjijikkan ini," tulis Kurz di Twitter.

Baca Juga: Ibu Kota Austria Dihujani Peluru, Pelaku Penembakan Sukses Dilumpuhkan Polisi

Kurz mengakui negaranya saat ini mengalami jam-jam sulit akibat serangan tersebut. "Saya ingin berterima kasih kepada semua pasukan darurat yang mempertaruhkan nyawa mereka demi keselamatan kita, terutama hari ini," ujarnya.

Terjadi serangan di enam titik lokasi berdekatan dengan sinagoge Wina pada Senin (2/11/2020) malam. Menteri Dalam Negeri Austria Karl Nehammer menyatakan serangan itu diyakini dilakukan oleh beberapa orang. Mereka menyerang enam lokasi yang berada di sekitar jalan yang menampung sinagoge pusat.

"Kami yakin ada beberapa pelaku. Sayangnya ada juga beberapa yang terluka, mungkin juga tewas," kata Nehammer.

Seorang juru bicara layanan ambulans mengatakan setidaknya satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka. Salah satu tersangka dan seorang saksi telah ditembak mati dan seorang petugas polisi termasuk di antara mereka yang terluka.

Area Wina tengah setelah peristiwa itu pun ditutup. Kepolisian mengatakan pengerahan signifikan sedang dilakukan.

"Tembakan di distrik Kota Dalam - ada orang yang terluka, MENJAUH dari semua tempat umum atau transportasi umum," kata kepolisian di Twitter.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini