Liburan di Masa Pandemi? Tak Bisa Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini!

Liburan di Masa Pandemi? Tak Bisa Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan pentingnya perencanaan matang sebelum berlibur di masa pandemi COVID-19.

Ketua Tim Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan, perencanaan perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan. Ia pun memberikan sejumlah tips agar liburan tetap aman.

“Perencanaan liburan itu penting, sehingga kita bisa meminimalisir risiko dari awal,” kata Sonny, dalam Talk Show bertema "Gaya Hidup Sehat Buat Liburan Panjang Aman", yang dilansir dari channel YouTube BNPB Indonesia.

Baca Juga: Tekan Penyebaran COVID-19, Pemkab Purbalingga Lakukan Ini

Baca Juga: Protokol Kesehatan Keluarga | Infografis

Pertama, memastikan kondisi diri sendiri. Kalau kita tidak sehat, jangan sekali-kali memutuskan untuk berlibur. "Kalau tidak sehat, meski tidak memiliki Covid-19, dia jadi berisiko sekali. Jadi rentan, ketika dia keluar dalam kondisi tidak sehat. Kalau ternyata dia membawa virus Covid-19, kan sangat berbahaya. Dia jadi super spreader, menyebarkan virus itu ke orang lain,” sambungnya.

Setelah memastikan kondisi kesehatan, berikutnya kata Sonny, menentukan kendaraan yang akan digunakan.

“Jangan sampai menggunakan transportasi umum yang tidak memenuhi protokol kesehatan. Lebih baik, menggunakan kendaraan pribadi. Kalaupun naik kendaraan umum, pastikan bahwa transportasi tersebut memang aman,” ujarnya.

Berikutnya, ia menyarankan agar masyarakat memperhatikan betul kondisi hotel yang akan dijadikan tempat menginap, serta restoran yang akan dikunjungi betul-betul memenuhi protokol kesehatan.

"Dengan perencanaan yang matang, jelas, ketika kita sehat kita tahu mau kemana, lewat mana, naik apa, maka kita bisa menghindar, mencegah terjadinya Covid-19,” tandasnya. 

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini