Jakarta Dapat Penghargaan, DPRD Fraksi PDIP: Prestasi Tak Sejalan dengan Kenyataan

Jakarta Dapat Penghargaan, DPRD Fraksi PDIP: Prestasi Tak Sejalan dengan Kenyataan Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

DKI Jakarta memenangkan penghargaan terkait integrasi moda transportasi berkelanjutan dariĀ The Institute for Transportation Development Policy (ITDP) yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menilai, penghargaan yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI itu merupakan hasil kinerja sejak para gubernur sebelumnya dan pemerintah pusat.

"Kita ucapkan selamat kepada Pemprov DKI untuk penghargaan ini. Ini adalah hasil kerja sejak gubernur-gubernur sebelumnya dan kerja pemerintah pusat di Jakarta saat ini," kata anggota Fraksi PDIP DPRD DKI itu, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: Bogor Hujan, Jalur Puncak Arah Jakarta Jadi Oneway

Baca Juga: Jakarta Sabet Penghargaan Berkat Transportasi Publik, Ini Kata Anies Baswedan

Meski mendapatkan penghargaan, menurut Gilbert, prestasi tersebut tidak sejalan dengan kondisi nyata di lapangan. Dia menuding, sejak Anies menjabat sebagai gubernur DKI sejak tiga tahun lalu, tidak ada perbaikan yang nyata, khususnya dalam hal transportasi umum. "Karena kita tidak merasakan sesuatu yang 'wow' sejak 2017," ujarnya.

Gilbert menyebut, Anies memiliki konsep yang bagus dalam perencanaan perbaikan transportasi umum di Jakarta, salah satunya adalah program Jaklingko. Namun, dia menuturkan, eksekusi atau pelaksanaan perencanaan itu dirasa kurang.

"Ya, konsep bagus, tapi penyelesaian/operasional kurang. Jaklingko kita tidak melihat hasil yang memuaskan di lapangan. Tidak ada yang bikin kita kagum perkembangan selama 2019-2020, kecuali LRT (proyek pemerintah pusat)," papar Gilbert.

"Di lapangan apa sudah jalan Jaklingko? Berapa yang sudah ada dibandingkan target sesuai kampanye? Saya mengamati jauh dari harapan," ucapnya menambahkan.

Oleh karena itu, Gilbert berharap agar perbaikan maupun pelaksanaan transportasi umum di Jakarta perlu diperhatikan. Menurut dia, apabila program Jaklingko dapat diterapkan dengan serius, maka mampu mengurangi penggunaan motor di Ibu Kota. "Kalau Jaklingko jalan, maka sepeda motor pasti turun jumlahnya," imbuhnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini