Catat, Asteroid Seukuran Pesawat Bakal Lewati Bumi Hari Ini

Catat, Asteroid Seukuran Pesawat Bakal Lewati Bumi Hari Ini Kredit Foto: NASA

Para ahli mencatat bahwa sebuah asteroid seukuran Pesawat Boeing 747 akan terbang dengan aman melewati Planet Bumi. Peristiwa ini diprediksi terjadi pada malam Halloween atau Sabtu (31/10/2020) sekira pukul 02.24 EST.

Menurut Pusat Studi Dekat Bumi NASA (CNEOS), batuan luar angkasa masif yang dikenal sebagai UX3 2020 itu diperkirakan memiliki diameter antara 88 dan 196 kaki. Sebagai perbandingan, lebar sayap Pesawat Boeing 747 sendiri sebesar 225 kaki.

Ia akan datang dalam jarak 3,2 juta mil dari Bumi dengan kecepatan sekira 36.000 mil per jam. Ukurannya dan kedekatannya dengan Bumi membuatnya menjadi objek dekat Bumi (near earth objects/NEO).

Dikutip dari Fox News, Sabtu (31/10/2020), NASA menyatakan NEO yang "berpotensi berbahaya" didefinisikan sebagai objek luar angkasa yang berada dalam 0,05 unit astronomi dan berukuran diameter lebih dari 460 kaki. Menurut laporan pada 2018 yang dikumpulkan oleh Planetary.org, ada lebih dari 18.000 NEO.

NASA meluncurkan rencana 20 halaman pada 2018 yang memerinci langkah-langkah yang harus diambil Amerika Serikat untuk lebih siap menghadapi NEO, seperti asteroid dan komet yang datang dalam jarak 30 juta mil dari planet ini.

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa orang Amerika lebih memilih program luar angkasa yang berfokus pada potensi dampak asteroid daripada mengirim manusia kembali ke bulan atau ke Planet Mars.

Sementara asteroid yang dikenal sebagai 2018VP1 juga terbang melewati Bumi tepat sebelum hari pemilihan presiden. Itu tidak dianggap "berpotensi berbahaya" karena ukurannya kecil.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan pada April 2019 bahwa serangan asteroid bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng dan mungkin bisa menjadi ancaman terbesar di Bumi.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini