Gempa M 7 Guncang Turki dan Yunani, Empat Tewas

Gempa M 7 Guncang Turki dan Yunani, Empat Tewas Kredit Foto: (foto: Shutterstock)

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,0 di Laut Aegea terjadi di kedalaman 10 meter, Jumat (30/10). Akibatnya guncangan dahsyat terasa di kota Izmir, bagian barat Turki dan menghancurkan sekitar bangunan di kota pesisir. Bencana alam itu menewaskan empat orang dan melukai sekitar 120 orang. Gempa juga terasa di Yunani.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas di Twitter. Walikota Izmir mengatakan kepada CNN Turk bahwa setidaknya 20 bangunan hancur. Orang-orang di kota Izmir, Turki, berkumpul di jalan-jalan setelah menyelamatkan diri dari gedung.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu lewat Twitter mengatakan gempa juga menghancurkan bangunan di Bornova dan Bayrakli. "Tim kami melanjutkan sejumlah tindakan di lapangan," kata dia. Tak ada laporan langsung terkait korban jiwa di kota-kota yang terkena dampak.

USGS atau  Badan Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan gempa tersebut melanda 14 kilometer timur laut kota Neon Karlovasion di pulau Somos, Yunani. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal yaitu 10 kilometer sehingga dampaknya sangat kuat dirasakan di permukaan tanah.

Lewat Twitter, Presiden Turki Turki Reccep Tayyip Erdogan berharap kondisi segera pulih. "Semoga lekas pulih ?zmir," ujar Erdogan. "Dengan semua sarana negara kami, kami berada di warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri yang relevan," kata Erdogan.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini