Apa Itu Breadcrumbs?

Apa Itu Breadcrumbs? Kredit Foto: Unsplash

Breadcrumbs atau breadcrumb trail adalah sistem navigasi sekunder yang menunjukkan lokasi pengguna di situs atau aplikasi web. Istilah ini berasal dari dongeng Hansel dan Gretel di mana karakter utama membuat jejak remah roti untuk melacak kembali ke rumah mereka.

Dalam artikel ini, Anda akan mendalami penggunaan breadcrumps di situs dan membahas beberapa praktik terbaik untuk menerapkan navigasi breadcrumps ke situs web atau aplikasi Anda sendiri.

Apa Itu Breadcrumbs Navigation?

Breadcrumbs navigation atau navigasi breadcrumbs adalah bentuk navigasi situs yang akan menunjukkan kepada pengunjung letak lokasi mereka berada di halaman situs tanpa harus memeriksa struktur URL. Toko e-commerce yang memiliki banyak kategori dapat menyederhanakan pengalaman pengguna (user experience) dengan menampilkan fitur breadcrumbs.

Baca Juga: Apa Itu Schema Markup?

Breadcrumbs menyederhanakan navigasi situs dengan memudahkan pengguna untuk berpindah di antara kategori, produk, dan halaman informasi. Situs web besar yang memiliki subkategori dapat membuat pengguna tersesat dalam penjelajahan mereka sehingga breadcrumbs hadir untuk memecahkan masalah ini dengan mengomunikasikan secara jelas dimana lokasi pengunjung saat berada di toko e-commerce.

3 Jenis Breadcrumbs yang Biasa Digunakan

Tidak semua breadcrumbs memiliki karakter yang sama. Ada tiga jenis breadcrumbs, masing-masing memiliki tujuannya sendiri. Sebelum menambahkan breadcrumbs ke situs Anda, cari tahu jenis breadcrumbs mana yang paling sesuai dengan situs Anda.

1. Breadcrumbs Berbasis Hierarki (Breadcrumbs Berbasis Lokasi)

Jenis breadcrumbs paling umum yang memberi tahu pengguna dimana mereka berada di struktur situs dan cara kembali ke beranda.

Misalnya: Beranda> Sumber Daya> Panduan SEO

2. Breadcrumbs Berbasis Atribut

Ini biasanya digunakan di situs e-commerce untuk menunjukkan atribut apa yang telah diklik pengguna.

Misalnya: Beranda> Sepatu> Hiking> Wanita

3. Breadcrumbs Berbasis Riwayat Browser

Tunjukkan kepada pengunjung situs seputar halaman lain di situs yang telah mereka kunjungi sehingga fitur ini mirip dengan riwayat browser.

Misalnya, jika Anda mencari berita tentang SEO dan membaca tiga artikel berbeda, breadcrumps mungkin terlihat seperti ini: Beranda> Artikel SEO 1> Artikel SEO 2> Halaman saat ini.

3 Manfaat Menggunakan Breadcrumbs untuk SEO

Menggunakan teknik breadcrumbs sepertinya hal yang bagus. Tapi, apa yang sebenarnya keuntungan yang dihasilkan dari menggunakan breadcrumbs? Simak penjelasannya berikut ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini