Bamsoet Terima Anugerah 'Rising Star of Democracy'

Bamsoet Terima Anugerah 'Rising Star of Democracy' Kredit Foto: Istimewa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendapatkan penghargaan 'Rising Star of Democracy' dalam acara Anugerah Teropong Democracy Award 2020, yang diselenggarakan oleh Teropong Senayan. Sebagai pemegang 'palu sakti' konstitusi di MPR RI, penghargaan tersebut menjadi 'cambuk' bagi Bamsoet untuk menjaga demokrasi sebagai jalan utama suksesi kekuasaan sesuai periodesasinya. 

"Terlepas dari pasang surut, demokrasi memastikan suksesi kepemimpinan berjalan damai. Tanpa perpecahan apalagi pertumpahan darah. Karenanya, tak boleh ada makar apalagi perebutan tongkat kepemimpinan nasional yang tak sesuai konstitusi. Siapapun yang ingin melakukan makar, kudeta, maupun tindakan inkonstitusional, akan berhadapan dengan MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan yang selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan, serta penjaga konstitusi dan keberagaman bangsa" ujar Bamsoet saat menerima penghargaan 'Rising Star of Democracy', secara virtual dari Bali, Rabu (28/10/20). 

Baca Juga: Bamsoet: Jangan Ngaku Milenial Kalau Tidak Tahu Pancasila

Acara penganugrahan yang di hadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI Prof Dr Maruf Amin dan para tokoh bangsa lainnya berjalan lancar dan khimat meakipun secara online. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, pasang surut demokrasi di Indonesia bisa terlihat dari besaran angka indeks demokrasi yang diolah dari tiga aspek. Yakni kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini