Astaghfirullah! Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Lagi

Astaghfirullah! Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Lagi Kredit Foto: Antara/Sastrawan Ginting

Gunung Sinabung erupsi lagi. Bahkan, awan panas dari aktivitas vulkanik itu menyebar sampai 1.000 meter ke arah timur-tenggara gunung itu.

Asal tahu saja, menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, erupsi terekam seismogram, Rabu (28/10/2020).

"Erupsi gunung Sinabung itu terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm (milimeter) dan durasi 166 detik," ujarnya, dikutip dariĀ Antara, Kamis (29/10/2020) dini hari.

Baca Juga: Vaksin Corona Sedang Diuji Klinis, Kapan Rampung?

Baca Juga: Chelsea Babat Habis Krasnodar FC, Segini Skornya

Gunung yang terletak di Karo, Sumatra Utara itu juga sempat memuntahkan awan panas berjarak 1.500 meter ke arah timur-tenggara, Minggu (25/10/2020) pukul 12.51 WIB. Saat itu, erupsinya memiliki amplitudo maksimum 120 mm dan durasi sekitar 246 detik.

Lebih lanjut, saat ini, Gunung Sinabung menginjak status Level III alias siaga. Untuk itu, relokasi pun berlaku bagi para warga yang desanya terletak di radius 3 kilometer (km) dari puncak Gunung Sinabung.

Lebih lanjut, itu juga berlaku bagi warga yang berlokasi di radius 5 km untuk sektor selatan-timur; 4 km untuk sektor timur-utara.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini