Jokowi Tegaskan Harga Vaksin Covid-19 Harus Terjangkau

Jokowi Tegaskan Harga Vaksin Covid-19 Harus Terjangkau Kredit Foto: Viva

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada jajaran di bawahnya agar segera menyiapkan harga vaksin mandiri Covid-19 yang terjangkau bagi masyarakat.

"Dari awal dan saya minta harganya bisa terjangkau," kata Jokowi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jokowi Tegas: Program Vaksinasi Covid-19 Jangan Terburu-buru

Jokowi mengatakan pengadaan vaksin juga harus memperhatikan hitung-hitungan secara cermat. Memang, pemerintah dalam mengadakan vaksin, ada yang gratis dibiayai pemerintah dan ada pula dipatok harga atau dikenal vaksin mandiri.

"Jelaskan siapa saja kelompok masyarakat yang mana, yang mendapatkan prioritas vaksinasi lebih awal, kenapa mereka dulu, itu harus dijelaskan. Kenapa mereka mendapatkan prioritas," tutur Jokowi.

Kepala Negara kembali mengingatkan agar disiapkan manajemen sistem atau pola pelaksanaan vaksin ketika disuntikkan kepada masyarakat. Dari hulu ke hilir diminta Jokowi sesegera mungkin disiapkan, mulai dari sarana prasarana infrastruktur, jalur distribusi hingga simulasi penyuntikan vaksin itu.

"Jalur distribusi dan interval pemberian vaksin yang akan digunakan per wilayah, daerah ini kapan, ini detail. Saya minta detail sekali. Daerah ini kapan, daerah ini kapan, siapa yang dapat, siapa yang gratis, siapa yang bayar, semuanya harus direncanakan, dipersiapkan secara detail," ujar Presiden.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih | Infografis

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini