Libur Panjang Tiba, Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG, & Avtur Aman

Libur Panjang Tiba, Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG, & Avtur Aman Foto: Antara/Feny Selly

Menjelang libur panjang dalam momentum cuti bersama pada 28 Oktober sampai 1 November 2020, PT Pertamina (Persero) telah mengantisipasi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), liquefied petroleum gas (LPG), dan avtur.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dalam rangka mengantisipasi momen itu, Pertamina telah menyediakan pasokan bahan bakar yang cukup.  

Selain itu, Pertamina juga memastikan ketersediaan pasokan dalam kondisi aman dan proses distribusi berjalan lancar.

Baca Juga: Libur Panjang Penerbangan Diprediksi Naik, Pertamina Siapkan Stok Avtur

Misalnya, untuk BBM jenis Pertaseries, Dexseries, premium, dan solar, stok secara nasional rata-rata dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 31 hari. Sementara itu, untuk LPG ketahanan stok nasional di atas 18 hari.

"Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386.000 kiloliter (KL)," kata Fajriyah dalam keterangan pers, Selasa (27/10/2020).

Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama.

Fajriyah menuturkan, stok LPG di stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Bahkan, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kilogram (kg) selama libur panjang, Pertamina sudah menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen atau sekitar 5.750 metrik ton (MT) per hari.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini