Gak Cuma Islam, Hal Ini yang Bikin Hubungan Erdogan dan Macron Makin Runcing

Gak Cuma Islam, Hal Ini yang Bikin Hubungan Erdogan dan Macron Makin Runcing Kredit Foto: Reuters

Hubungan antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron semakin meruncing. Selain berselisih tentang komentar sentimen Macron tentang Islam, kedua pemimpin itu juga berselisih isu lain.

Dilansir Al Jazeera, berikut sederet isu yang memanaskan hubungan kedua pemimpin tersebut.

Baca Juga: Resmi, Erdogan Serukan Boikot Besar-besaran atas Barang-barang Prancis

Konflik Armenia-Azerbaijan

Macron telah mempermasalahkan dukungan Erdogan terhadap kubu saingannya. Pada akhir September dia menyebut pemimpin Turki sembrono dan berbahaya terhadap pasukan Azeri dalam upayanya merebut kembali wilayah yang memisahkan diri dan diduduki Armenia di Nagorno-Karabakh.

“Prancis tetap sangat prihatin tentang komentar Turki yang suka perang. Pada dasarnya ini menghilangkan hambatan apa pun dari Azerbaijan dalam apa yang akan menjadi penaklukan kembali Karabakh utara. Itu tidak akan kami terima,” kata Macron.

Beberapa hari kemudian, Macron menuduh Turki telah mengirim milisi Suriah untuk mendukung pasukan Azeri. Sebelumnya ini menggemakan tuduhan serupa yang dibuat pada Januari di Ankara atas penempatan tentara bayaran Suriah ke Libya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini